Sudah Maret, Persoalan Sampah Masih Amburadul, Kapan Ya Berakhir ?

Sampah-menumpuk2.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU- Pasca pencopotan Agus Pramono, kini Azhar menjabat sebagai Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru. Ia menjabat sebagai Plt pada pekan lalu.

 

Azhar menyatakan bahwa dirinya masih melakukan konsolidasi internal dengan jajaran DLHK. Ia mengingatkan jajaran DLHK Kota Pekanbaru bisa mengoptimalkan pengelolaan sampah di Tempat Penampungan Akhir (TPA) Muara Fajar.

 

"Kita juga persiapkan sistem untuk optimalisasi penangihan retribusi sampah nantinya," ujarnya, Selasa 2 Maret 2021.

 

Sebelumnya, Wali Kota Pekanbaru, Firdaus mendorong proses lelang angkutan sampah tuntas pada Maret 2021 ini. Ia menegaskan agar mitra yang menjadi pemenang bisa membantu optimalkan pengangkutan sampah.

 


Proses pengangkutan sampah saat ini secara swakelola oleh DLHK Kota Pekanbaru. Mereka melakukan proses pengangkutan sampah sembari menanti hasil lelang pengangkut sampah.

 

Firdaus mengakui layanan pengangkutan sampah saat ini belum optimal. Ia memahami kondisi armada pengangkutan sampah yang terbatas.

 

Ia pun meningatkan DLHK agar meningkatkan upaya pengangkutan sampah di masa transisi ini. Begitu juga dengan pengelolaan sampah di Tempat Penampungan Sementara (TPS) dan TPA. Ia tidak ingin ada sampah yang menumpuk lagi.

 

 

Saat ini jumlah truk angkutan sampah secara swakelola mencapai puluhan unit. Ada 52 unit kendaraan pengangkut sampah membantu proses pengangkutan.