Cuaca Panas Dalam Sepekan Picu Munculnya Titik Api Baru di Riau

Manggala-Agni-Karhutla.jpg
(Manggala Agni)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Dalam sepekan terakhir, Provinsi Riau berada dalam musim panas. Sehingga, sejumlah titik api baru mulai terdeteksi oleh Aplikasi Dashboard Lancang Kuning.

 

Sejak Jumat, 26 Februari 2021, terjadi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Desa Tanjung Gemuk, Kecamatan Rangsang, Kabupaten Meranti, Riau.

 

Dengan kondisi cuaca panas disertai angin kencang, api dengan cepat merambat membakar kawasan hutan lainnya.

 

Koordinator Lapangan (Korlap) Mangala Agni DaOps Siak, Sogiat mengatakan kejadian ini terjadi lantaran cuaca kemarau yang melanda Provinsi Riau, sehingga menimbulkan titik api baru rawan kebakaran.

 


Selain itu, sumber air yang minim, membuat petugas kesulitan memadamkan kobaran api.

 

"Petugas bahkan sampai menggali lahan gambut lebih dalam untuk memastikan api benar-benar padam," ucap Sogiat kepada RIAUONLINE.CO.ID, Senin, 1 Maret 2021.

 

Pemadaman kebakaran hutan dan lahan ini dilakukan selama empat hari berturut-turut, mulai dari Jumat, 26 Februari - 1 Maret 2021.

 

"Beruntung tim dibantu oleh TNI-POLRI, Aparat desa, serta warga setempat ikut membantu memadamkan kobaran api," tambahnya.

 

 

"Lahan yang terbakar sekitar 2 hektare, serta vegetasi semak belukar cukup membuat tim kesulitan dalam memadamkan api," pungkasnya.