Karhutla dan Covid-19 "Berpacu" di Siak, Sudah 30 Ha Terbakar, 4 Positif Per Hari

Kebakaran-Hutan-dan-Lahan3.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, SIAK- Kabupaten Siak Provinsi Riau menghadapi situasi yang cukup sulit di tahun 2021. Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terus terjadi sejak awal tahun. 

 

Hingga saat ini tak kurang dari 30 hektare luas lahan di Kabupaten Siak di lahap api. Mirisnya lagi, kasus kebakaran ini terjadi di tengah pandemi Covid-19.

 

"Lahan yang terbakar rata-rata area peruntukan lain (APL). Total yang terbakar dari Januari hingga sekarang seluas 30 hektare," kata Kapolres Siak, AKBP Gunar Rahadiyanto menjawab Riauonline.co.id, Rabu (24/2).

 

Dikatakan Gunar, rata-rata lahan yang terbakar bergambut. Karena itu petugas mengalami kesulitan saat melakukan pemadaman.


 

"Agak sulit memang. Sebab di atasnya sudah padam. Sementara muncul lagi api dari bawah," kata dia.

 

Penyebaran wabah virus Corona di Kabupaten Siak juga terus meningkat setiap harinya. Jika dikalkulasikan, per hari tak kurang dari 4 orang warga Kabupaten Siak terpapar virus dari Cina tersebut.

 

 

 

Total kasus positif Covid-19 di Siak sebanyak 2.290 dengan rincian; meninggal dunia 60 orang, 2.140 dinyatakan sehat, 52 orang masih menjalani isolasi mandiri dan suspek 8067 orang.