Tips Jitu Biar Diterima Kerja, Kenali Kemampuan dan Bikin CV yang Memukau

Farhan-Okta-Yudra2.jpg
(Muthi Haura/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Saat kecil, jika ditanya cita-cita pasti jawabannya beragam. Ada yang kepengen jadi guru, dokter, pilot, dosen, dan lain senagainya. Memang, bekerja di tempat impian adalah cita-cita semua orang. 

 

Tapi seiring bertambahnya umur dan pengalaman, kebanyakan orang memiliki cita-cita yang berubah. Memiliki keinginan untuk bekerja ditempat yang berubah-ubah. 

 

Berbicara terkait pekerjaan sendiri, bagi yang ingin melamar pekerjaan, Farhan Okta Yudra yang bekerja sebagai Refresentative Officer Recruitment/HRD di PT Micro Madani Institute berbagi tips. 

 

Tips pertama bagi pelamar kerja adalah sebelum melamar pekerjaan, individu tersebut harus mengetahui kemampuan dirinya. Harus mengetahui skillnya apa. 

 

"Hal ini membantu untuk melamar ke perusahaan mana," katanya, Sabtu, 20 Februari 2021.


 

Tips kedua menurut Farhan adalah, Curriculum Vitae (CV) harus benar-benar memukau. Dalam membuat CV jangan ambigu, harus jelas dan spesifik. 

 

"Di CV tulis lengkap-lengkap pernah ikut pelatihan apa, keahliannya apa, pengalamannya apa. Pokoknya CV harus memukau," ujarnya. 

 

Lebih lanjut, tips ketiga dari Farhan adalah, saat membuat surat, nama perusahaan yang dituju untuk melamar juga diketik. Jangan hanya memprint lima template lamaran pekerjaan, tapi dibagian perusahaan yang ditujunya justru dikosongkan dan ditulis tangan. 

 

"Kalau kaya gitu, kelihatan tidak niat," ungkapnya. 

 

 

Tips keempat, persiapkan diri. Pelamar pekerjaan hendaknya mempersiapkan diri sebelum mengikuti psikotes, interview, dan lain sebagainya. 

 

"Persiapkan diri dan lain sebagainya," pungkasnya.