Monyet "Panen" Mangga, Curi Telur hingga Lauk, Kejar Warga saat Dihalau

monyet-ekor-panjang2.jpg
(RAHMADI DWI/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Seorang warga RT 01 RW 18, Kelurahan Tuah Karya, Pekanbaru, Eliza, terkejut melihat buah mangga miliknya telah dimakan oleh kawanan monyet ekor panjang yang kerap masuk ke pemukiman rumah warga.

Sejak satu bulan terakhir warga Kelurahan Tuah Karya, Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, diresahkan dengan kemunculan monyet ekor panjang, yang kerap memakan makanan dan hasil tanaman warga.

“Nah ini baru saja dimakannya ini dibiarkan begitu saja kalau dimakan tidak sampai habis, padahal sudah dibungkus pakai plastic, tapi kawanan monyet itu bisa merusak plastik untuk mendapatkan mangga,” tuturnya, Kamis, 18 Februari 2021.

Pohon mangga milik Eliza terlihat lebat oleh buah yang mulai matang, sehingga memancing kawanan monyet untuk mencuri mangga yang terletak di belakang rumahnya.

Eliza, menambahkan, setiap hari kawanan monyet berjumlah sekitar 10 ekor selalu muncul dari balik semak tidak jauh dari tempat tinggalnya untuk mencari makanan.

“Ada jambu, mangga, dan telur ayam diambilnya. Kawanan monyet ini juga sempat masuk kedalam rumah mengambil makanan, yang masuk ke dalam rumah ini monyet jantan yang sudah dewasa terlihat cukup besar,” ujarnya.

Dirinya menceritakan sempat dikejar oleh primata tersebut karena berusaha mengusir kawanan monyet yang masuk ke halaman rumahnya.


“Sempat saya dikejar sama induknya karena mau saya usir, saya ambil kayu untuk halau kawanan monyet itu,” ungkapnya.

 

 

Eliza berharap kepada pihak terkait agar dapat mengatasi kawanan monyet yang masuk ke pemukiman warga, karena dikhawatirkan gerombolan monyet ekor panjang tersebut membawa virus rabies.