Terkendala Anggaran, Pemko Pekanbaru Belum Terapkan PKM

azwan.jpg
(olivia)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Wali Kota Pekanbaru, Firdaus belum berencana memberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) di Pekanbaru.

Menurut Firdaus, tim Satgas Covid-19 Kota Pekanbaru bakal mempelajari kebijakan PKM seperti di Jawa dan Bali. Setelah itu satgas pun bersiap melakukan penerapan PKM di kota sebagai daerah penyangga.

Asisten I Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Pekanbaru Azwan menyebut, Pemko Pekanbaru memang berencana menerapakan PKM. Namun ia mengaku masih terkendala penganggaran untuk penerapan PKM.

"Pelaksanaannya kita siap, tapi untuk penganggaran kita belum begitu jelas, karena perlu pergeseran anggaran," jelasnya, Kamis 11 Februari 2021.


Azwan menyebut, hingga kini belum ada anggaran yang disiapkan pemerintah kota untuk penerapan PKM ini. Tahun 2021 ini bakal ada refocusing jika PKM benar diterapkan.

Lanjutnya, pemerintah kota masih menanti petunjuk dari Pemerintah Provinsi Riau untuk PKM di Pekanbaru. Pihaknya bakal kembali merapatkan bersama Wali Kota Pekanbaru terkait persiapan teknis.

"Hari Senin lalu kami sudah rapat dengan camat dan lurah terkait posko siaga di lingkungan masyarakat, tapi waktu itu belum ada petunjuk pusat," kata Azwan.

Ia menilai hingga saat ini kondisi kasus Covid-19 cukup terkendali. Sejumlah wilayah berdasarkan pemetaan kecamatan masih berada pada zona kuning, atau resiko tingkat penyebaran rendah.