Apa Itu Hypnosis dan Jenisnya, Ini Penjelasan Rizki Perdana

Rizki-Perdana2.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU – Rizki Perdana merupakan salah satu instruktur hypnoteraphy dari Indonesia Board of Hypnoteraphy (IBH) yang dimiliki Riau. Hypnosis  sendiri merupakan suatu konidisi mental atau diberlakukannya peran imajinatif. Hypnosis sendiri dapat berperan diberbagai bidang kehidupan manusia yang melibatkan pikiran manusia.

“Jika seseorang ingin sembuh dengan pengobatan apapun termasuk hypnosis, selagi dia yakin dirinya akan sembuh dan yakin dengan pengobatan yang ia lakukan, maka ia akan sembuh,” katanya.

Lebih lanjut, dalam hypnosis sendiri, Rizki menjelaskan ada beberapa jenisnya. Pertama, hypnoteraphy. Hypnoteraphy atau clinical hipnosis merupakan terapi untuk menyembuhkan gangguan mental. Proses hypnoteraphi ini dimulai dari interview atau mengenal lebih dekat si ‘pasien’.

“Biasanya kalau saya menghabiskan waktu dua jaman lebih. Satu jam pertama untuk mengenal atau mendengar segala hal tentang orang tersebut, di jam berikutnya baru deh,” ujarnya.


Jenis kedua dari hypnosis ini adalah, medical and dental hypnosis. Jenis ini digunakan dokter bedah dan dokter gigi untuk menciptakan efek anthesia tanpa menggunakan bius. Untuk di Indonesia sendiri, jenis ini jarang digunakan.

Jenis ketiga, comedy hypnosis. Comedy hypnosis ini adalah hypnosis yang digunakan hanya untuk hiburan semata. Comedy hypnosis ini pasti adanya penonton dan harus menimbulkan efek lucu.

“Comedy hypnosis ini juga sering disebut oleh orang-orang sebagai stage hypnosis,” ungkapnya.

Rizki melanjutkan, untuk jenis-jenis lainnya dari hypnosis ini bisa dipelajari lebih lanjut dari bahan bacaan atau jika emang sangat tertarik untuk belajar, bisa bergabung di IBH. “Saya bukan lulusan kuliah psikologi, tapi karna tertarik sejak SMA, saya gabung di IBH,” pungkasnya.