Pekanbaru Masih Punya Stok 8 Kantong Plasma Darah Konvalesen

m-noerrr.jpg
(muthi)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menggelar aksi donor plasma konvalesen bagi pasien Covid-19. Pelaksanaan donor plasma konvalesen diadakan di Unit Tranfusi Darah (UTD) PMI Kota Pekanbaru, Jalan Petalabumi, Senin, 8 Februari 2021.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Kota Pekanbaru, M Noer mengatakan pelaksanaan donor plasma konvalesen ini bukan kali pertama di Pekanbaru. PMI Kota Pekanbaru sebelumnya sudah berpartisipasi menyiapkan stok plasma konvalesen dari tujuh pendonor.

"Ada dari Pak Bambang, Pak Edi, dan yang lainnya. Itu satu orang akan kita ambil 450 cc dan itu dibagi jadi dua kantong. Tetapi setiap dua kantong itu akan dibagikan kepada satu orang yang sedang sakit Covid-19," katanya.


M Noer berharap jumlah pendonor akan terus bertambah, sehingga Kota Pekanbaru memiliki ketersediaan plasma yang cukup.. Plasma ini nantinya bisa diberikan kepada pasien Covid-19 di Rumah Sakit (RS) rujukan Covid-19.

"Alhamdulillah stok kita hari ini masih ada delapan kantong artinya untuk empat orang masih bisa diberikan tapi tentu sesuai dengan jenis golongan darahnya," pungkasnya.