Sampah Menggunung di TPS Pasar Pagi, Petugas Akui Kekurangan Armada

TPS-Pasar-Pagi-Arengka7.jpg
(RAHMADI DWI/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Tumpukah sampah kembali terjadi di Tempat Pembuangan Sementata (TPS) Jalan Soekarno Hatta, Kecamatan Marpoyan Damai, Pekanbaru, petugas kebersihan akui kekurangan armada pengangkut sampah, Sabtu, 30 Januari 2021.

Terlihat dari pantauan sampah di TPS Pasar Pagi Arengka, Jalan Soekarno Hatta menumpuk sejak hari kamis lalu,  sampah yang membumbung tinggi mulai berimbas pada turunnya jumlah penjualan para pedagang di sekitar TPS.

“Hari Kamis ini sudah numpuk sampahnya, kalau sudah gini ya mengganggu, pembeli pun malas mau belanja. Kamis lalu ada yang angkut sampah tapi hari ini menumpuk lagi,” ucap Pedagang Pasar Pagi Arengka, Elia.


Selanjutnya, guna menghindari terjadinya penumpukan sampah lebih besar, dua kendaraan dump truck dan delapan orang petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan kota Pekanbaru dikerahkan untuk mengangkut sampah yang menumpuk.

Sampah yang diangkut dari TPS Pasar Pagi Arengka tersebut rencananya akan dibawa menuju Tempat Pembuangan Akhir Sampah di Kelurahan Muara Fajar, Pekanbaru. Meski sudah mengerahkan dua unit truk, petugas kebersihan DLHK Pekanbaru mengaku kekurangan truk pengangkut karena sampah yang sangat menumpuk.

“Dikerahkan dua mobil truk, namun tidak cukup, dan ini disebabkan karena kendaraan yang kurang karena itu menumpuk. Sebenarnya kendaraan pengangkutnya banyak, cuman yang ditugaskan di Pasar Pagi cuma dua unit truk,” kata Sopir Truk Pengangkut Sampah, Abdullah.