Pandemi Covid-19, Layanan Online Disdukcapil Pekanbaru Diakses 1.200 Orang Sehari

Irma-Novrita2.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Jumlah masyarakat yang mengakses layanan secara online di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru hampir mencapai seribu orang dalam sehari.

Total jumlah layanan online dalam sehari berkisar 850 hingga 950 orang. Jumlah ini mulai mengalami peningkatan seiring pemulihan layanan publik di masa pandemi Covid-19.

"Jadi saat ini kita mengoptimalkan layanan secara online, terbukti masyarakat antusias mengaksesnya," terang Kepala Disdukcapil Kota Pekanbaru, Irma Novrita, Selasa 19 Januari 2021.

Menurutnya, jumlah tersebut belum termasuk masyarakat yang mengakses layanan secara manual. Jumlah warga yang datang ke Layanan Dukcapil Kota Pekanbaru mencapai ratusan orang.


Ada 200 orang yang mengakses layanan secara manual dalam sehari. Total dalam satu hari ada 1200 orang mengakses layanan di Disdukcapil Kota Pekanbaru.

"Jumlah ini termasuk layanan call center dan via whats app," terangnya.

Pihaknya mengaku sudah membatasi layanan tatap muka. Mereka menyarankan agar masyarakat bisa mengakses layanan secara online.

Masyarakat yang sedang mengurus KTP elektronik atau KTP el bisa menggunakan layanan layanan tunggu. Mereka bisa mengakses layanan sipenduduk.pekanbaru.go.id/layanantunggu.

Adanya layanan ini untuk mencegah penumpukan antrean di layanan Dukcapil Pekanbaru dalam areal Mal Pelayanan Publik Pekanbaru.