Tokoh Melayu Ini Sebut Wali Kota Firdaus Tak Miliki Kemampuan Manajerial

Dandrem-Brigjen-TNI-M-Syech-Ismed.jpg
(DEFRI CANDRA/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Tokoh Masyarakat Riau, Hj Azlaini Agus, mengatakan setiap kali datang Hari Raya Idul Fitri, Idul Adha, Natal, dan Tahun Baru atau Libur Bersama, masyarakat Kota Pekanbaru dihadapkan dengan tumpukan sampah. 

 

Menurutnya permasalahan sampah ini sudah berlangsung lama, sejak 2015, masalah sampah tak hentinya. 

 

Ia pun dengan tegas menyampaikan Walikota (Wako) dan jajaran Pemerintah Kota (Pemko) tidak memiliki kemampuan managerial. 

 

"Penanganan sampah di Kota Pku sangat buruk. Kesannya Wako dan Jajaran Pemko sama sekali tidak memiliki kemampuan managerial dalam pengelolaan sampah. Sejak tahun 2015, terus menerus masalah sampah seperti tak ada hentinya," tegas Hj Azlaini Agus, kepada RIAUONLINE, Sabtu, 16 Januari 2021. 

 

Kata Azlaini, setiap kali datang hari Raya Idul Fitri, Idul Adha, Natal, Tahun Baru atau Libur Bersama, selalu masyarakat dibiarkan berhadapan dengan sampah yang menumpuk di depan rumah atau disekitar pemukiman masyarakat. 

 


"Seharusnya hari libur tidak berarti kegiatan mengangkut sampah juga ikut libur, dalam kondisi seperti itulah diperlukan managemen pengelolaan sampah yang baik," pungkasnya. 

 

Seperti diketahui, dari hasil pantauan tim RIAUONLINE tumpukan sampah di awal tahun 2021 di Kota Pekanbaru terjadi di beberapa titik tempat pembuangan sampah (TPS), bertumpuk di ruas-ruas jalan. 

 

Bahkan, Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi bersama Danrem 031/Wirabima Brigjen TNI M Syech Ismed sampai ikut dalam kegiatan membersihkan gunungan sampah yang ada di Pasar Kodim jalan Cempaka, Kecamatan Senapelan, Pekanbaru, Jumat, 15 Januari 2021.

 

 

Ratusan aparat yang terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP, Pemuda Pancasila, Satgas Trantibum bersama-sama membersihkan gunungan sampah yang sudah dipenuhi belatung di sekitar Pasar Kodim Pekanbaru.