Dari Bandung, Sopir Cuma Butuh 30 Jam Bawa Vaksin Covid-19 ke Pekanbaru

Badru-dan-dedek2.jpg
(Desain RIAUONLINE/WAYAN SEPIYANA)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Sopir pembawa vaksin Covid-19 dari Bandung menuju Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Badru menceritakan perjalanannya selama kurang lebih 30 jam untuk sampai di Pekanbaru. 

 

Sepanjangan perjalanan, Badru menyampaikan berjalan dengan lancar, karena dikawal oleh petugas keamanan dari Korps Brimob bersenjata lengkap, serta diiringi oleh mobil barracuda, mobil patroli, serta tim roda dua. 

 

Pendistribusian vaksin Covid-19 berjumlah 22.840 dosis vaksin, tahap dua ini diangkut menggunakan mobil  colt diesel berplat nopol D 8888 SL. 

 

Kendaraan ini sama seperti pendistribusian tahap pertama yang langsung dikirim dari Bandung, Kondisi mobil fisik mobil pun perlu diperhatikan agar keselamatan sopir pembawa vaksin Covid-19 terjamin dan aman.

 

Sopir pembawa vaksin Covid-19 tahap dua, Badru menuturkan bahwa mobil yang digunakan memang masih mobil yang sama, pada saat pengiriman vaksin tahap pertama lalu. 

 

Tidak hanya bercerita kondisi fisik mobil, Ia pun menyampaikan sepanjang perjalanan konsumsi makanan pun masih terjaga dengan baik. 


 

"Sama, iya di cek kondisi fisik mobil sebelum berangkat, ya untuk makan lancar lah," kata Badru, Rabu, 13 Januari 2021, kepada RIAUONLINE saat dijumpai usai bongkar muat vaksin Covid-19. 

 

Ia menuturkan keberangkatan dari Bandung, Selasa, 12 Januari 2021, pukul 11.00 WIB. Namun, untuk pendistribusian tahap dua ini, Badru menceritakan juga membawa Vaksin Covid-19 untuk Provinsi Jambi sebanyak enam kotak.

 

"Langsung dari Bandung, pergi kemarin hari Selasa, jam 11, kan ini bawa dua lokasi sama Jambi, berhenti di Jambi dulu sekitar 20 menitan, bongkar cuman enam kotak di Jambi, setelah itu langsung ke Pekanbaru," kata Badru, Rabu, 13 Januari 2021, kepada RIAUONLINE, saat tiba di Gudang Vaksin. 

 

Menurutnya selama menempuh perjalanan kurang lebih dua hari satu malam berjalan dengan lancar. Meskipun, memang ada kondisi jalan yang rusak di beberapa titik. 

 

"Alhamdulillah perjalanan kita lancar, kebetulan dari anggota ada yang mengawal kami di jalan, jadi lancar banget, kondisi jalan ya ada yang rusak, ada yang bagus," pungkasnya.

 

Sebelumnya, vaksin Covid-19 tahap pertama tiba pada Selasa, 05 Januari 2021, pukul 08.00 WIB, menempuh waktu tiga hari dua malam, keberangkatan dari Bandung pada Minggu, 03 Januari 2021, pukul 16.00 WIB. 

 

Kemudian, untuk pendistribusian vaksin tahap dua tiba pada Rabu, 13 Januari 2021, sekitar pukul 16.45 WIB bertempat di Gudang Vaksin di Unit Pelayanan Teknis (UPT) Instalasi Farmasi dan Logistik Kesehatan Diskes Riau, Jalan Kesehatan, Kota Pekanbaru.

 

 

Seperti diketahui, pendistribusian vaksin ini dikirim langsung dari Bandung oleh PT BIOFARMA, total pendistribusian vaksin Covid-19 tahap satu 20.000 dosis dan tahap dua 22.840 dosis, sehingga total keseluruhan mencapai 42.840 dosis vaksin Covid-19.