Jangan Kaget, Presiden Sebut Ini Efek Samping setelah Divaksin Covid-19

vaksinasi5.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Sesuai arahan Presiden Jokowi, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan proses vaksinasi Covid-19 perdana akan dilakukan pada Rabu, 13 Januari 2021 untuk ditingkat pusat, dan di daerah pada Kamis, 14 Januari 2021 secara serentak.

 

Ia menyebut peyuntikan vaksin Covid-19 kemungkinan akan ada sedikit dampak yang dirasakan, seperti pegel.

 

"Arahan Bapak Presiden dilakukan secara serentak. Diawali di pusat, kemudian dilanjutkan di daerah," kata Budi, Selasa, 05 Januari 2021.

 

Ia melanjutkan vaksinasi perdana ini akan melibatkan tokoh masyarakat.

 

"Kalau ada tokoh kesehatan atau figur dokter yang berpengaruh, misalnya, untuk diikutsertakan," ungkapnya.

 

Budi mengatakan program vaksinasi Covid-19 gratis itu bertahap dengan diawal pada tiga kelompok.


 

"Kelompok pejabat publik pusat dan daerah, pengurus Asosiasi Profesi Tenaga Kesehatan dan Key Leader kesehatan daerah," jelas Budi.

 

Kata Budi, vaksinasi Covid-19 juga dikuti serta tokoh agama di daerah. 

 

Oleh karena itu, Budi meminta agar kepala daerah mempersiapkan orang-orang yang akan mendapatkan prioritas program vaksinasi Covid-19.

 

"Vaksinasi Covid-19 akan dibagi menjadi dua tahap. Bapak/Ibu Gubernur, kepala daerah, tolong persiapan, pilih orangnya, karena tanggal 14-15 kita akan mulai lakukan vaksinasi di daerah, terutama provinsi," tuturnya.

 

Budi melanjutkan, kemudian untuk proses vaksinasi, terutama tenaga kesehatan, tolong dibagi dua tahap. 

 

"Arahan dari Bapak Presiden, karena kemungkinan akan ada sedikit dampak, misalnya pegel sedikit, demam sedikit. Jadi dalam satu Puskesmas, misalnya ada empat perawat, jangan sampai di hari yang sama kita vaksin semua, kita antisipasi betul efek itu, maka vaksin dulu untuk dua orang," pungkasnya.

 

Seperti diketahui, vaksin Covid-19 sudah tiba di Kota Pekanbaru, pada Selasa, 04 Januari 2021 pukul 08.00 WIB. 

 

 

Sebanyak 20 ribu vaksin Covid-19 diletakan di Gudang Vaksin Unit Pelayanan Teknis (UPT) Instalasi Farmasi dan Logistik Kesehatan Diskes Riau, Jalan Kesehatan, Kota Pekanbaru.