Kronologis Tenggelamnya Kapal Wisata di Danau PLTA Koto Panjang

Kapal-Wisata-Tenggelam-di-Danau-PLTA.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - kapal wisata milik Dinas Pariwisata Kampar, Banawa Nusantara 58 terbalik di Danau PLTA Koto Panjang, Kampar, Sabtu, 19 Desember 2020 sekira pukul 16.00 WIB. Saat kejadian, kapal hibah Kementerian Perhubungan RI itu membawa 40 penumpang melakukan perjalanan berkeliling Danau PLTA Koto Panjang.

Menurut saksi mata yang ikut dalam rombongan wisata, Kasmi, peristiwa nahas itu terjadi saat kapal hendak berbelok, namun belokan terlalu patah mengakibatkan kapal oleng ke kanan, kemudian terbalik.

"Saat itu kapal hendak berbelok ke kanan, tapi terlalu patah dan membuat miring hingga oleng dan tenggelam di tengah danau PLTA Koto Panjang," ucap Kasmi, Sabtu, 19 Desember 2020.

Dalam kejadian ini, ditemukan satu orang meninggal dunia akibat terjebak badan kapal atas nama, Salman Alfarisi (38).


"Warga sudah menemukan korban meninggal dunia dengan menyelam atas nama Salman Alfarisi dan sudah dilarikan ke RSUD Bangkinang," pungkasnya.

40 penumpang yang berada di atas kapal Wisata Banawa Nusantara 58 sudah dievakuasi, hingga saat ini petugas melakukan olah TKP dan memeriksa sejumlah saksi.

Dari video amatir viral di media sosial, memang terlihat sebuah kapal putih sudah tenggelam dalam kondisi miring ke kanan di tengah danau PLTA Koto Panjang.

Di sampingnya terlihat dua kapal warga yang ikut membantu evakuasi penumpang saat kejadian.