Punya Kapasitas 1000 Sampel Swab, Lab Biomol RSD Madani Baru Uji 100

Laboratorium-Biomolekuler2.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU- Laboratorium Biomolekuler (Biomol) di Rumah Sakit Daerah (RSD) Madani Pekanbaru sudah menguji sekitar seratus sampel swab tes.

 

"Lebih kurang seratus sampel sudah kita uji di lab biomol," ulas Direktur RSD Madani Pekanbaru, David Oloan, Sabtu 5 Desember 2020.

 

 

 

Menurutnya, jumlah sampel yang diuji di laboratorium itu setiap hari ada 20 hingga 30 sampel. "Seluruh sampel yang diuji masih sampel internal para pasien yang menjalani perawatan medis di RSD," terangnya.

 

Dirinya tidak menampik izin operasional dari laboratorium biomol itu belum terbit. Mereka masih menanti pengurusan izin di Badan Litbang Kesehatan Kementrian Kesehatan RI.


 

Kondisi ini menjadi satu kendala dalam membantu memeriksa sampel swab test Covid-19. Padahal keberadaan laboratorium ini membantu pemeriksaan sampel swab test yang selama ini di 

labmol RSUD Arifin Acmad.

 

"Kita berharap secepatnya bisa mendapat izin. Apalagi untuk biomol memang ketat penerbitan izinnya," ujarnya.

 

Laboratorium itu sudah menjalani uji coba pada pertengahan November 2020. Ada juga uji banding terhadap sampel di laboratorium biomol di RSD Madani.

 

 

Kapasitas laboratorium ini mencapai seribu sampel. Ada tiga mesin PCR di laboratorium. Satu mesin PCR bisa memeriksa 350 sampel.