Rektor Universitas Sultan Syarif Kasim Riau Dicopot Menteri Agama

Prof-Akhmad-Mujahidin6.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU – Rektor UIN Suska Riau diberhentikan dari jabatannya. Hal ini seperti tertuang dalam surat rahasia Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor : 191/ B.11/2/PDJ/2020. Dalam surat tersebut menetapkan, kesatu, menjatuhkan hukuman disiplin berupa pembebasan jabatan dari tugas tambahan sebagai rektor UIN Suska kepada Prof. Dr. Akhmad Mujahidin.

Kedua, keputusan ini berlaku pada tanggal ditetapkan. Ketiga, keputusan ini disampaikan kepada yang bersangkutan untuk dilaksanakan sebagaimana mestinya. Adapun surat ini ditetapkan di Jakarta, 23 November 2020 dan ditanda tangani oleh Fachrul Razi.

Wakil Rektor II UIN Suska Riau, Kusnedi telah mengkonfirmasi kabar ini. Namun ia belum bisa memberikan keterangan resmi, karena surat resmi dari kementrian belum berada ditangannya.

SK pemberhentian Rektor UIN Sultan Syarif Kasim


 

SK pemberhentian Rektor UIN Sultan Syarif Kasim

“Iya. Mungkin benar. Tapi saya belum bisa memberikan keterangan resmi,” katanya.

Sedangkan Wakil Rektor III, Promadi mengatakan, dirinya belum mengetahui secara pasti perihal kebenarannya. Terkait hal ini, Akhmad Mujahidin sendiri belum bisa dihubungi.

Dalam surat keputusan pemberhentian ini juga menimbang empat poin, salah satunya, Akhmad Mujahidin selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) terbukti lemah dalam mengontrol pengelolaan yang bersumber dari dana BLU dan terbukti telah menyalahgunakan wewenang dengan memutasikan penjabat Administrasi di lingkungan UIN Suska Riau.