Peluang di Tengah Pandemi, Mitra Bisnis PT RAPP Sukses Bikin Sabun Eukaliptus

sabun-eukaliptus2.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PELALAWAN-CV Euca Mitra Andalan adalah salah satu usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang mendapatkan angin segar dari pandemi.

Bisnis sabun berbahan dasar daun eukaliptus yang digelutinya menjawab kebutuhan masyarakat saat ini yang memiliki perhatian khusus pada kesehatan.

Daun eukaliptus diyakini memiliki sifat anti bakteri yang baik untuk melawan kuman. Berkat keunggulan tersebut, permintaan sabun yang diinisasi oleh Rizal, warga asli Pelalawan ini melonjak dan semakin naik daun di tengah pandemi.

Pelatihan dari Community Development (CD) PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), unit usaha Grup APRIL pada Juli 2019 menjadi modal utama Rizal untuk mengembangkan bisnis sabun ini.

“Hal pembuatan sabun berbahan alami ini hal baru bagi saya. Setelah melalui berbagai uji coba, saya akhirnya memantapkan diri untuk jadi pelaku UMKM,” katanya.

Euca Mitra Andalan memulai produksi bermacam jenis produk mulai dari sabun mandi, cuci tangan, cuci piring, pembersih lantai, sampai penyanitasi tangan sejak 2019.


“Tak disangka, ketika pandemi Covid-19 melanda, diikuti dengan anjuran mencuci tangan serta kebersihan menggunakan sabun atau hand sanitizer, bisnis saya meningkat pesat,”  katanya Rizal.

Ia menceritakan penjualan Euca Mitra Andalan meroket 1.400% hingga Mei 2020. Padahal omzet saat awal-awal produksi hanya sekitar Rp2 jutaan. Tak hanya itu, Euca Mitra Andalan juga memiliki reseller di berbagai kota.

UMKM ini juga menggunakan jalur penjualan berbasis online. Sangat cocok di masa pandemi ini. Ia menceritakan perkembangan bisnisnya di tengah pandemi terjadi bukan hanya karena promosi mulut ke mulut saja, tapi juga berkat penjualan di saluran daring (online) dan bantuan modal yang ia terima dari Community Development RAPP.

“Produk saya juga dijual di Toko Andalan, aplikasi e-commerce yang dibuat oleh Community Development RAPP untuk membantu pemasaran produk mitra binaan,” jelasnya.

Community Development RAPP memiliki komitmen yang kuat untuk meningkatkan kapasitas UMKM binaannya. RAPP tidak hanya memberikan permodalan, tapi turut membantu pemasaran produk sabun tangan dan hand sanitizer produksi CV Mitra Riau Andalan lewat Toko Andalan. Selain itu, RAPP juga siap memperluas penerima manfaat agar bisa membantu perekonomian masyarakat Pangkalan Kerinci lain, seperti Rizal.

Baca Juga : Realisasi Anggaran Belanja Kesehatan Tangani Covid-19 Baru 5,12% dari Pagu
Tampaknya Rizal tak mudah puas meski bisnisnya sudah melambung. Mental kewirausahaannya selalu siap menghadapi berbagai tantangan seperti persaingan pasar. Ia meyakini konsistensi dalam berbisnis menjadi hal yang sangat penting. Rizal pun mengaku akan terus mencari formula baru untuk memperluas bisnis ini.

RAPP sebagai korporasi memiliki prinsip untuk tumbuh bersama. Manajer Departemen Community Development RAPP Binahidra Logiardi mengatakan Grup APRIL memiliki prinsip “Tumbuh Kembang Bersama Masyarakat”. Prinsipnya perkembangan perusahaan juga diikuti dengan perkembangan masyarakat yang ada di sekitar daerah operasionalnya.


“APRIL rutin melakukan pembinaan kepada mitra agar terus berkembang dengan memberikan bantuan saran produksi, pelatihan, perizinan, pemasaran, monitoring dan evaluasi. Perusahaan juga memberikan konsultasi dan bimbingan ketika mereka menemukan kesulitan khususnya selama pandemic Covid-19,” kata Binahidra.