Andre Samosir dan Dzakki Senang Tahu Cara Bikin Berita yang Baik

PT-RAPP117.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PANGKALAN KERINCI-Salah satunya Andre Samosir mengaku sangat menikmati kelas penulisan berita yang digelar sekolahnya, SMP Global Andalan.

Kelas yang berlangsung secara daring itu diisi oleh Departemen Komunikasi Korporat atau Corporate Communication PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), Sari Rezki Antika.

Dia mengaku kegiatan yang mendatangkan  tamu sangat menyenangkan. Ia bisa mendapatkan ilmu dan informasi yang berbeda dari berbagai profesi.

“Ikut kelas menulis berita ini menyenangkan, saya jadi tahu bagimana menulis berita dengan benar, macam-macam berita, dan saya tahu perbedaan berita dan opini serta bagaimana memastikan berita tersebut benar,” tuturnya.


Senada dengan Dzakki Athaya Marwan, ia mengaku belum banyak tahu mengenai berita. Dzakki hanya membaca berita yang ia temukan dari berbagai sumber. Namun, kelas menulis ini membuat dirinya banyak mendapatkan ilmu jurnalistik yang belum pernah ia dengar.

 “Sangat menyenangkan dan dari situ saya banyak mendapatkan ilmu yang belum saya tahu. Kalau ada kelas lagi saya ingin ikut,” katanya.

Dalam sesi yang diikuti 90 siswa kelas 8 SMP Global Andalan Pangkalan Kerinci itu, Sari menjelaskan bagaimana penulisan berita sesuai kaidah jurnalistik. Mulai dari apa itu berita, jenis berita, unsur berita hingga bagaimana penulisan berita. Ia pun sedikit menyinggung bagaimana menanggapi sebuah berita agar tidak termakan hoaks.

 Pada sesi tanya jawab, para siswa secara bergantian bertanya mulai dari bagaimana menulis berita yang baik, menarik dan bagaimana cara mempublikasinya.

Mereka tetap memakai seragam sekolah pada hari biasanya walaupun mereka berada di rumah. Pandemi COVID-19 yang berdampak terhadap proses belajar mereka. Namun, mereka masih tetap semangat walaupun hanya belajar melalui layar.

 
Kepala Sekolah SMP Global Andalan Pangkalan Kerinci, Adven Daili menjelaskan, pihak sekolah rutin mendatangkan guru tamu untuk berbagi kepada siswa mereka. 
 
“Kami memang rutin mendatangkan guru tamu supaya wawasan mereka bertambah mengenai suatu hal. Saya lihat tadi siswa antusias karena banyak hal pengetahuan dan informasi mereka dapatkan melalui sesi yang dibawakan oleh Ibu Sari,” tuturnya, bebera hari lalu.