Empat Pegawai di Dishub Bengkalis Positif Covid-19

roro-bengkalis.jpg
(andrias)

RIAU ONLINE, BENGKALIS - Hasil dari swab massal dilaksanakan oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Bengkalis telah keluar. Dinyatakan sebanyak empat orang pegawai di Dinas tersebut terkonfirmasi positif Covid-19.

Hal itu dibenarkan, Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Bengkalis, H Zul Asri, Senin 21 September 2020.

Pun demikian, dia memastikan hal tersebut tidak berpengaruh terhadap pelayanan kepada masyarakat baik di pelabuhan roro Air Putih dan Sei Selari maupun pelabuhan Bandar Sri Laksamana.

“Memang benar ada 4 orang pegawai kita yang positif Covid-19, berdasarkan hasil swab massal beberapa waktu lalu. Sesui dengan saran dari Dinas Kesehatan, mereka ini diminta untuk melakukan isolasi di Balai Diklat,” kata Zul Asri.

Disamping itu, Zul Asri menegaskan, Dishub juga mengambil langkah tegas lainnya guna mencegah penularan Covid-19 di lingkungan Dishub Bengkalis. Di antaranya adalah dengan melakukan penyemprotan disinfektan di kantor utama Dishub Bengkalis dan juga di UPTD.


Kemudian memberlakukan sistem shift, baik untuk pekerjaan administrasi maupun lapangan.

Zul Asri mengatakan, Dishub sangat berkaitan langsung dengan pelayanan umum sehingga aktivitas tidak bisa ditutup.

“Pelayanan terhadap masyarakat harus tetap jalan, kalau tidak bisa muncul masalah baru. Jadi upaya kita adalah dengan sistem shift, bekerja secara bergantian dua hari masuk dua hari libur. Sistem shift ini berlaku di kantor maupun di pelabuhan. Sedangkan untuk di roro, memang sudah sejak lama pakai sistem shift,” terangnya.

Selanjutnya, Zul Asri kembali mengingatkan kepada seluruh pegawai di lingkungan Dishub Bengkalis baik PNS maupun honorer agar benar-benar menerapkan protokol kesehatan dalam kondisi apapun.

Apalagi saat ini ada kecenderungan, sebagian yang positif Covid-19 merupakan orang tanpa gejala. Sehingga tanpa adanya penerapan protokol kesehatan yang ketat, tanpa disadari sangat memungkinan terjadi penularan ke orang lain.

“Saya imbau agar terapkan protokol kesehatan, pakai masker, jaga jarak, hindari kerumunan dan jangan lupa cuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer,” pungkasnya.