Asyik, Pemprov Riau Borong 220 Kamar Hotel untuk Isolasi Pasien Covid-19

Grand-Suka-Hotel.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU -  Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menyiapkan 220 kamar hotel yang akan dijadikan sebagai tempat isolasi mandiri pasien positif Covid-19.

 

Ada dua hotel di Pekanbaru yang disiapkan sebagai tempat isolasi mandiri bagi pasien positif Covid-19.

 

Dua hotel tersebut yakni hotel Grand Suka yang berada di Jalan Soekarno Hatta dengan kapasitas 120 kamar dan Mutiara Merdeka Jalan Yos Sudarso Pekanbaru dengan kapasitas 100 kamar.  

 

Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar bersama Kapolda Riau dan Danrem 031 Wira Bima bersama tim medis turun langsung ke lapangan untuk mengecek kesiapan dua hotel ini, Rabu, 16 September 2020.  Pengecekan ini untuk memastikan kesiapan hotel dan melihat langsung kondisi kamar serta fasilitas pendukung di dua hotel tersebut. 

 

"Kami meninjau persiapan hotel yang nanti kita siapkan untuk pasien yang menjalani isolasi mandiri.  Kami cek kondisi kamar hotelnya termasuk fasilitas olahraganya," kata Gubri Syamsuar.


 

"Nanti biayanya kita siapkan dari APBD," tambah Syamsuar. 

 

Sementara untuk kesiapan tenaga medis dan keamanan di hotel, Pemprov Riau akan dibantu dari tenaga medis dan petugas keamanan dari Polda Riau dan Danrem 031 Wirabima. 

 

"Kami dibantu dengan Kapolda dan Danren, dalam hal tenaga medis dan pengamanan, jadi ini merupakan kolaborasi antara Pemprov Riau, TNI dan Polri untuk mencegah penyebaran Covid-19 dan meningkatkan angka kesembuhan," ujarnya. 

 

Gubri Syamsuar berharap dengan disiapkan hotel sebagai tempat isolasi mandiri ini bisa menjadi salah satu alternatif bagi pemerintah daerah untuk menekan angka penyebaran Covid-19 dan meningkatkan angka kesembuhan pasien positif Covid-19 di Riau. Sebab saat ini lebih seribu pasien yang dirawat secara mandiri di rumah. 

 

"Di Riau yang banyak itu OTG dimana mereka dilakukan isolasi mandiri, dengan adanya fasilitas yang kita siapkan ini, tentu harapan kami mereka bisa cepat sembuh. Sehingga harapan kami tidak menularkan ke anggota keluarganya dan saudara-saudaranya dilingkungan rumahnya masing-masing," katanya. (*)