Perdana, Latihan Jalak Sakti 2020 Gandeng Basarnas, BNPB hingga PMI

Latihan-Tempur2.jpg
(Riau Online)

Laporan: DEFRI CANDRA

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin (Rsn) Pekanbaru, hari ini menggelar latihan di Lanud Sultan Iskandar Muda, Aceh, Selasa, 8 September 2020.

Kali ini, Lanud Rsn tidak sendri, BNPB, Basarnas, Kemensos dan PMI ikut menggelar latihan pertama kali secara bersama-sama dalam rangka mempersiapkan kesiagaan antar departemen berjalan baik.


"Hari ini kita Jalak Sakti 2020 akan melanjutkan latihan ke Banda Aceh, dengan operasi militer perang dan ada operasi militer sebelum perang," ucap Panglima Komando Operasi Angkatan Udara (Pangkoopsau) 1, Marsda TNI Ir.Tri Bowo Budi S., M.M., M.Tr, Senin, 8 September 2020.

"Konteksnya, kita akan bekerjasama dengan Basarnas, BNPB, Kemensos dan PMI. Agar Sinergitas antar Departemen Berjalan Baik dan terlatih menghadapi segala kondisi," pungkasnya.

Dalam keterlibatan Basarnas, BNPB, Kemensos, dan PMI di skenariokan bahwa Provinsi Aceh sedang mengalami bencana gempa bumi yang berakibat Tsunami.

Akhirnya melalui perintah Pangkoopsau I semua Stakeholder di atas bahu-membahu melaksanakan bantuan kepada Masyarakat Aceh.