Bantuan Rp 2,4 Juta untuk UMKM Kuansing Cair tapi Hanya untuk Nasabah BRI

Produk-UMKM2.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Bantuan Rp 2,4 Juta bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang usahanya terdampak Covid-19 sudah dicairkan, Selasa, 25 Agustus 2020 kemarin.

Bantuan tersebut langsung ditransfer melalui masing-masing rekening penerima, dan disalurkan melalui bank yang sudah ditunjuk oleh pemerintah yakni Bank BRI.

Namun bantuan yang disalurkan bagi pelaku UMKM tersebut bukan UMKM yang diusulkan Pemkab Kuansing. Tapi UMKM yang selama ini jadi nasabah Bank BRI.

"Tahap I ini ada 371 UMKM bantuannya sudah disalurkan. 371 itu adalah UMKM yang selama ini jadi nasabah BRI," ujar  Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan Kuansing, Azhar, Selasa, 25 Agustus 2020.

Azhar mengatakan, untuk UMKM yang diusulkan Pemkab Kuansing melalui Provinsi dan Kementerian ada sebanyak 581 UMKM. Namun bantuan memang belum disalurkan.

"Yang disalurkan itu UMKM yang jadi nasabah BRI, karena mereka langsung yang input datanya ke pusat. Kalau data kita sudah dua kali kita sampaikan ke provinsi dan pusat, tapi belum cair," katanya.

Lanjut Azhar, data 581 UMKM yang sudah diusulkan sebelumnya ini akan diberikan ke BRI agar diinput.

"Mana yang akan nyangkut nanti, yang jelas kita berikan data ke BRI untuk bantu input," katanya.


Azhar juga sudah menyampaikan informasi agar UMKM yang ada bisa mendatangi BRI terdekat untuk bisa mendaftarkan supaya dapat bantuan pusat ini.

"Sudah kita sampaikan ke kawan-kawan UMKM yang ada dimasing-masing wilayah untuk mendatangi BRI terdekat untuk mendaftar," pungkasnya