Hasil Tes Swab Keluar, 15 Warga Jake Kuansing Negatif Covid-19

swab-kuansing.jpg
(FB: Anna Nurfia)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Hasil uji swab terhadap 15 warga Desa Jake, Kecamatan Kuantan Negatif Covid-19. Tes usap tenggorokan dan rongga hidung itu dilakukan setelah sebelumnya ada satu warga terkonfirmasi positif Covid-19.

"Swab terhadap 15 orang di Jake kamarin sudah keluar dan hasilnya Negatif," ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kuansing, Jumardi, Senin, 24 Agustus 2020.

Jumardi mengatakan, satu warga yang terkonfirmasi positif di daerah tersebut diketahui saat yang bersangkutan berobat ke Pekanbaru. "Saat dilakukan rapid tes hasilnya reaktif dan dilakukan swab hasilnya positif Covid-19," kata Jumardi.

Pasien tersebut kata Jumardi, langsung dirawat di salah satu Rumah Sakit di Pekanbaru. Pasien terkonfirmasi positif tersebut berumur sekitar 41 tahun.


Lalu, kata Jumardi, Dinas Kesehatan Kuansing langsung melakukan tracing terhadap orang yang pernah kontak dengan yang bersangkutan.

"Ada 15 orang yang menjalani swab, dan tadi hasilnya sudah keluar semua Negatif," katanya.

Swab terhadap 15 warga Jake tersebut dilakukan pada Jumat, 21 Agustus 2020. Dan pada Senin, 24 Agustus 2020 hasilnya keluar dan Negatif Covid-19.

Juru Bicara Gugus Tugas Kabupaten Kuansing, dr Amelia Nasrin yang dikonfirmasi, Rabu, 19 Agustus 2020 mengatakan tidak ada tambahan kasus konfirmasi positif Covid-19.

Namun Gugus Tugas Provinsi Riau mengumumkan tambahan satu kasus yang merupakan warga Kuansing terkonfirmasi positif Covid-19.