ASN Bengkalis Langgar Netralitas Pilkada 2020, KASN Berikan Hukuman

Mukhlasin4.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, BENGKALIS - Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Republik Indonesia, akhirnya mengeluarkan rekomendasi berupa sanksi hukuman terhadap Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Bengkalis. 

 

ASN yang dimaskud tersebut diduga telah melakukan pelanggaran netralitas ASN pada Pilkada Bengkalis tahun 2020, yang mana kasusnya sebelum ini sempat ditangani Bawaslu Bengkalis.

 

Ketua Bawaslu Bengkalis Mukhlasin, mengaku baru menerima tembusan surat rekomendasi dari KASN, Selasa 18 Agustus 2020 sore kemarin.

 

Dia menjelaskan, bahwa sesuai surat rekomendasi tertanggal 4 Agustus 2020 itu ditegaskan jika KASN telah menyurati Bupati Bengkalis selaku Pejabat Pembina Kepegawaian di daerah untuk memberikan sanksi kepada ASN yang terbukti telah melakukan pelanggaran kode etik serta netralitas ASN ini. 


 

“Sanksi berupa hukuman disiplin yang direkomendasikan KASN kepada ASN dalam tahapan pemilihan bupati dan wakil bupati Bengkalis pada Pilkada serentak tahun 2020, pelaksanaannya diserahkan kepada Bupati Bengkalis selaku Pejabat Pembina Kepegawaian dengan tetap mengacu kepada Peraturan Pemerintah Nomor 53 tahun 2020 tentang Disiplin PNS serta ketentuan peraturan perundang-undangan lainnya,” jelas Mukhlasin, Rabu 19 Agustus 2020, mengutip isi surat rekomendasi yang dikeluarkan KASN tersebut.

 

Lebih lanjut dikatakan Mukhlasin, rekomendasi yang dikeluarkan KASN kepada ASN di lingkungan Pemkab Bengkalis tersebut, berawal dari laporan terhadap dugaan pelanggaran netralitas ASN yang diterima dan ditangani Bawaslu Bengkalis sebelum ini.

 

Hingga akhirnya Bawaslu Bengkalis meneruskan laporan dugaan pelanggarannya kepada KASN, yakni dalam hal Penerusan Pelanggaran Hukum Lainnya dan Kajian Dugaan Pelanggaran pada 3 Juli 2020 yang lalu. 

 

“Nah, rekomendasi yang dikeluarkan KASN ini pada dasarnya merupakan tindaklanjut dari proses penanganan pelanggaran netralitas ASN yang sebelumnya kita tangani,” imbuh Mukhlasin, pria yang pernah menjabat Ketua Panwaslu Kecamatan Bantan ini lagi.

 

Di bagian lain Mukhlasin juga menambahkan, dengan keluarnya rekomendasi dari KASN ini, pihaknya berharap agar Bupati Bengkalis selaku Pejabat Pembina Kepegawaian dapat menindaklanjuti rekomendasi tersebut dengan sebaik-baiknya.

 

Bahkan dirinya juga kembali menegaskan dan mengingatkan agar ASN di Kabupaten Bengkalis tetap menjaga disiplin maupun kode etik sebagai ASN serta bersikap netral pada pelaksanaan Pilkada Bengkalis yang akan dilaksanakan secara serentak 9 Desember 2020 mendatang