Meriahkan HUT ke-75 RI, Pemdes Taja Lomba Gapura Hingga Tanaman Obat

Perayaan-HUT-ke-75-RI.jpg
(Riau Online)

LAPORAN : RISKI APDALLI

RIAU ONLINE, PELALAWAN - Berbagai cara dilakukan masyarakat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dalam memeriahkan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia (RI) saat pandemi COVID-19 ini.

Seperti yang dilakukan Pemerintah Desa (Pemdes) Lubuk Terap, Kecamatan Bandar Petalangan, Kabupaten Pelalawan, Riau.

Mereka antusias dengan menggelar berbagai perlombaan, namun uniknya, di saat pandemi COVID-19 atau virus corona ini, pihak Pemdes membuat lomba tanaman obat-obatan.

Bahkan, penilaian dari tim kecamatan yang turun langsung ke desa tersebut, akan memberikan nilai lebih jika tanaman obat-obatan yang diperlombakan itu bervariasi dan berinovasi.

"Yang kita nilai bukan hanya kebersihan lingkungan, di antaranya kerapihan dan keindahan, drainase/saluran air, tempat pembuangan sampah, ruang terbuka hijau, tanaman hias, serta pohon peneduh pemukiman, termasuk instrumen hiasan HUT RI yang meliputi, bendera, umbul-umbul dan gapura, sedangkan tanaman toga yang akan dinilai seberapa banyak tanaman obat-obatan yang ada," beber Camat Bandar Petalangan, Mukhtarius, Senin 17 Agustus 2020.


Perayaan HUT ke-75 RI2

Aneka perlombaan untuk merayakan HUT ke-75 RI di Kabupaten Pelalawan/Riau Online

Selain tanaman obat-obatan atau tanaman toga, kata Mukhtarius yang juga ketua tim penilai ini, Desa Lubuk Terap ini juga memperlombakan kebersihan, dan Gapura antar RT yang ada di desa tersebut.

"Tentu kegiatan positif seperti ini, kita apresiasi. Bila perlu ini akan di teruskan pada tahun-tahun berikutnya, tentunya ini semua tak terlepas dari dukungan semua pihak," ulasnya.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Lubuk Terap Darusman, mengatakan akan terus memperlombakan kegiatan untuk memeriahkan dan mengisi perayaan HUT RI seperti ini, di Desa Lubuk Terap yang terdiri dari 11 RT tersebut.

"Kegiatan ini dilaksanakan untuk memeriahkan dan mengisi perayaan kemerdekaan HUT RI Ke-75 dan kegiatan perlombaan seperti ini setiap tahun akan terus dilaksanakan.

Adapun RT yang mengikuti kegiatan perlombaan ini sebanyak 11 RT," terang Darusman, kepada RiauOnline.co.id.

Untuk diketahui, berbegai lomba yang diadakan dalam memeriahkan HUT RI ke-75 di desa ini, telah dimulai sejak tanggal 15 Agustu 2020 lalu, dan akan di umumkan pemenangnya pada puncak acara di tanggal 17 Agustus 2020.