Di Tengah Pendemi Covid 19, Bupati Alfedri Salurkan Zakat di Bunga Raya

Alfedri8.jpg
(Riau Online)

RIAU ONLINE, SIAK-Baznas Kabupaten Siak kembali menyalurkan zakat tahap V tahun 2020, di kampung Tuah Indrapura kecamatan Bungaraya, kabupaten Siak Jum’at 14 Agustus 2020.

 

Penyaluran zakat di kampung Tuah Indrapura dihadiri oleh Bupati Siak H. Alfedri selaku Duta Zakat Kabupaten Siak, didampingi Ketua Baznas Kab Siak H. Abdul Rasyid Pua Upa M.Ed, dan unsur Pimpinan Baznas, Camat Bungaraya Amin Soimin, Upz dan Penghulu kampung Tuah Indrapura kecamatan Bungaraya.

 

Bupati Siak Alfedri pada kesempatan ini menyampaikan, bahwa zakat yang disalurkan pada hari ini merupakan hasil pengumpulan zakat yang di kelola oleh Upz kecamatan Bungaraya.

 

"Hari ini kita salurkan Zakat kepada 299 kaum Duafa dan Fakir miskin yang ada di wilayah ini. Kami memberikan apresiasi kepada pihak Baznas kabupaten Siak karena pengumpulan zakat semakin tahun semakin meningkat, maka patut kita syukuri," katanya.

 


Alfedri berharap, dalam situasi pandemi Covid 19,  banyak masyarakat yang merasakan kesulitan ekonomi.

 

Karnanya zakat salah satu upaya untuk penopang dalam membantu dan meringankan kebutuhan masyarakat yang terpapar covid-19, khususnya masyarakat muslim yang mustahik.

 

"Maka dari itu kepada warga yang penghasilannya telah mencapai nisab menurut aturan Syariat, mari kita keluarkan zakat hasil usahanya dan serahkan ke Baznas," ujar Bupati Alfedri.

 

Seperti kita ketahui, mata pencaharian masyarakat kecamatan Bungaraya mayoritas petani padi, yang produksi padinya  mencapai 6-8 ton per hekter, wajib dikeluarkanlah zakatnya. 

 

Kalau para petani Bungaraya ini sudah mengeluarkan zakat semua,Pengumpulan zakat khusus di kecamatan Bungaraya akan mencapai 3 miliar setahun. 

 

"Semakin banyak orang yang mengeluarkan zakat, maka akan semakin banyak pula warga kita akan terbantu," jelas Alfedri.

 

Pada kesempatan itu bupati Alfedri juga tak henti-hentinya untuk mengingatkan para mustahik yang telah menerima zakat, agar meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT dan mendoakan orang yang telah membayarkan zakatnya agar mendapat keberkahan dan terhindar dari segala musibah.