Harga Cabai Rawit Turun, Giliran Cabai Merah Naik di Kuansing

Diskoperindag-Kuansing.jpg
(Riau Online)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Harga cabai rawit di Pasar Tradisional Berbasis Modern di Kabupaten Kuansing turun dibanding minggu lalu. Harga cabai rawit minggu ini Rp 40 ribu per kilogram turun Rp 5 ribu per kilogram.

"Harga cabai rawit minggu ini turun, tapi harga cabai merah naik," kata Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan  Kuansing, Azhar, Rabu, 15 Juli 2020.

Berdasarkan pendataan yang dilakukan staf di lapangan, disampaikan Azhar, harga cabai merah minggu ini Rp 30 ribu per kilogram naik Rp 5 ribu per kilogram. "Minggu lalu masih Rp 25 ribu perkilo, minggu ini naik Rp 5 ribu perkilo jadi Rp 30 ribu perkilo," katanya.

Selain cabai merah keriting mengalami kenaikan minggu ini, katanya, kebutuhan pokok lain yang naik adalah kentang. "Kentang minggu ini Rp 13 ribu perkilo naik Rp 1.000 per kilo," katanya.

Selain terjadi kenaikan, ada beberapa kebutuhan pokok justru turun di antaranya daging ayam broiler minggu ini Rp 30 ribu per kilo turun Rp 2 ribu perkilo dari minggu lalu. Kemudian bawang putih minggu ini Rp 20 ribu perkilo turun Rp 2 ribu perkilo dari minggu lalu.

"Selain cabai harga kebutuhan pokok masih stabil, hanya sedikit yang mengalami kenaikan," katanya.

Azhar mengatakan, pendataan terhadap harga komoditi kebutuhan pokok ini rutin dilakukan setiap minggu terutama pada hari Rabu yang menjadi hari pasar di Kota Teluk Kuantan. "Ini rutin kita lakukan dalam rangka memantau harga kebutuhan pokok," pungkasnya.