Tracing Pasien Positif Covid-19, 179 Warga Jalani Test Swab di Kuansing

test-swab.jpg
(robi)

Laporan: ROBI SUSANTO

RIAU ONLINE, TELUAK KUANTAN - Sebanyak 179 orang menjalani test swab oleh Dinas Kesehatan Kuansing bersama Puskesmas Lubuk Jambi, Kecamatan Kuantan Mudik. Warga yang dilakukan uji swab merupakan hasil tracing satu keluarga positif di Kecamatan Kuantan Mudik. Pelaksanaan test swab sudah berlangsung sejak dua hari terakhir.

"Tadi ada 128 orang dan kemarin ada 51 orang menjalani test swab," ujar Kepala Puskesmas Lubuk Jambi, Masni dihubungi Riau Online, Sabtu, 4 Juli 2020 malam.

Untuk 51 orang sudah lebih dulu menjalani test swab sehari sebelumnya di Puskesmas Lubuk Jambi. Sebanyak 51 orang tersebut diduga pernah kontak dengan pasien konfirmasi positif Ny SA (32).

Dimana Ny SA (32) dinyatakan positif Covid-19, Senin, 29 Juni 2020 lalu. Dia di labeli pasien 225 positif Covid-19 di Riau. Ny SA (32) merupakan analis laboratorium RSUD Teluk Kuantan Kuantan.

Dimana Ny SA (32) memiliki riwayat kontak dengan konfirmasi positif nomor 6 Kabupaten Kuansing Tn IMT. Tn IMT sendiri merupakan tahanan kejaksaan dan saat ini sudah dinyatakan sembuh.


Sementara hasil tracing kedua sebanyak 128 orang lagi menjalani test swab pada Sabtu, 4 Juli 2020. Pelaksanaan test swab dilakukan dihalaman Kantor Kepala Desa di Kuantan Mudik.

Sebanyak 128 orang ini merupakan hasil tracing dari YM (32) suami dari Ny SA (32) dan dua anaknya KA (6) dan NA (10). "128 orang ini hasil tracing dari YM dan dua anaknya," ujar Masni.

Secara terpisah, Juru Bicara Gugus Tugas Kabupaten, dr Amelia Nasrin mengatakan, sebanyak 128 orang menjalani swab hari ini (Sabtu,red) merupakan hasil tracing Tn YM, dan dua anaknya KA dan NA.

Sementara Jubir Agusmandar menambahkan, pelaksanaan test swab terhadap 128 orang masyarakat di Kecamatan Kuantan Mudik merupakan hasil tracing kontak langsung dengan Ny SA, KA, NA dan YM yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Pelaksanaan swab, kata Agusmandar, dimulai pukul 09.00 WIB - 14.00 WIB pagi tadi (Sabtu,red) dihalaman kantor desa Koto Lubuk Jambi.

"Kita mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada petugas medis kita yang sudah berjuang melaksanakan tugasnya untuk mencegah dan menghentikan wabah Covid-19 didaerah kita," ujar Agusmandar yang juga menjabat sebagai Asisten III Setda Kuansing ini.

Hasil swab, kata Agusmandar, akan keluar tiga hari kedepan. "Kita berharap semoga hasil swab Negatif semua," harapnya.