Cegah Transmisi Lokal, Petugas Periksa Swab 142 Warga Dua Desa di Kuansing

periksa-swab.jpg
(istimewa)

Laporan: ROBI SUSANTO 

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Sebanyak 142 orang warga di Desa Suka Maju dan Beringin Jaya, Kecamatan Singingi Hilir, Kabupaten Kuansing, Riau menjalani pemeriksaan sampel swab massal, Senin, 22 Juni 2020.

Pengambilan sampel swab massal ini dilakukan Dinas Kesehatan Provinsi Riau bersama Dinkes Kuansing dan Puskesmas setempat, bertempat di pasar desa Suka Maju, Kecamatan Singingi Hilir.

Pengambilan sampel swab massal ini dilakukan berdasarkan hasil tracing terhadap warga yang kontak dengan tiga pasien terkonfirmasi positif di dua desa tersebut.


Tiga konfirmasi positif tersebut di antaranya Tn GH (45), Tn RS (45), Ny RM (42). Kini baru Tn GH yang sudah dinyatakan sembuh dan dibolehkan pulang, dan dua masih dirawat.

"Untuk swab massal di Desa Suka Maju tadi (Senin,red) sudah dilakukan pengambilan sampel swab sebanyak 142 orang," ujar juru bicara Penanganan Covid-19 Kabupaten Kuansing, dr Amelia Nasrin, melalui keterangannya, Senin, 22 Juni 2020.

Sementara Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Diskes Kuansing, Jumardi mengatakan, pengambilan sampel swab massal berjalan lancar. "Tadi digelar di pasar Desa Suka Maju, dan hasilnya tiga hari baru keluar," kata Jumardi dihubungi terpisah.

Diberitakan sebelumnya, ketiga konfirmasi positif Covid-19 semuanya berasal dari Kecamatan Singingi Hilir masing-masing Tn GH (45) merupakan pasien 122 positif Covid-19 di Riau. Tn RS (45) pasien 123 positif Covid-19 di Riau dan Ny RM (42) pasien 124 positif Covid-19 di Riau.

Dua merupakan warga Beringin Jaya dan satu lagi warga Suka Maju, Kecamatan Singingi Hilir. Ketiganya ditetapkan positif Covid-19 pada Sabtu, 13 Juni 2020 lalu. Dan kini masih dirawat di RSUD Teluk Kuantan. Ketiganya juga orang tanpa gejala (OTG).

Ketiganya merupakan hasil tracing dan kontak erat dari pasien positif kasus ke 120 Ny. TJM (40) warga Provinsi Kepulauan Riau yang sedang berkunjung ke Provinsi Riau dan memiliki riwayat perjalanan dari Provinsi Sumatera Utara. Kini TJM sudah dinyatakan sembuh sejak, Sabtu, 13 Juni 2020 lalu.