Tahun ini, Pusat Kucurkan Anggaran Rp 35,9 Miliar Bangun Danau Kebun Nopi Kuansing

pembahasan-kebun-nopi.jpg
(istimewa)

Laporan: ROBI SUSANTO

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Tahun ini, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia mengucurkan anggaran sebesar Rp 35,9 Miliar untuk pembangunan Danau Kebun Nopi, di Desa Bukit Pedusunan, Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuansing, Riau.

Anggaran yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran (TA) 2020 digunakan untuk kegiatan pembangunan perkuatan tebing genangan bendung Daerah Irigasi (DI) Lubuk Ambacang, di Kabupaten Kuansing yang lokasinya berada di Desa Bukit Pedusunan, Kuantan Mudik.

Dilansir dari lama lpse.pu.go.id, kegiatan tender perkuatan tebing genangan bendung DI Lubuk Ambacang di Kabupaten Kuansing kini sudah selesai tender dan sudah ada pemenang. Dimana nilai pagu kegiatan tersebut terlihat sebesar Rp 35,9 Miliar.

"Kalau dilihat dari laman lpse.pu.go.id tampaknya sudah ada pemenang," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kuansing Ade Fahrer melalui Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA), Febri, Kamis, 4 Juni 2020.


Febri mengatakan, kemungkinan kalau dilihat dari laman lpse.pu.go.id PT Tarung Mandiri memenangkan paket kegiatan ini dengan harga penawaran Rp 28,7 miliar. "Mudah-mudahan awal bulan ini sudah teken kontrak, kita doakan saja," katanya.

Sejumlah item kegiatan yang akan dibangun didanau kebun nopi nanti mulai pembangunan jembatan pelayanan, joging track, pengerasan jalan dan tebing yang ada didaerah seberang danau.

"PPK juga sudah turun belum lama ini meninjau danau kebun nopi, mereka minta kita mendampingi selama pelaksanaan nanti," ujar Febri.

Febri mengungkapkan, dari sekian banyak usulan yang masuk ke Kementerian PUPR berasal dari kabupaten/kota di Riau, ini satu-satunya usulan yang direspon pusat untuk penunjang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Tahun 2021. Dimana Kuansing menjadi tuan rumah dalam perhelatan akbar tersebut.

"Pak Menteri kabulkan permintaan pak Bupati, ini merupakan usulan kita dari Kuansing dan alhamdulillah dikabulkan oleh Kementerian," katanya.

Sebelumnya Bupati Kuansing Mursini bersama Plt Kadis PUPR Kuansing Ade Fahrer, dan Kabid Bina Marga Jafrison serta Kabid SDA, Febri langsung menyampaikan kepada Menteri PUPR terkait usulan tersebut.

"Insyaallah pak Menteri nanti bisa hadir saat pembukaan Porprov Riau di Kuansing," pungkasnya.