Heroik, Anggota Polisi Bantu Ibu Melahirkan di Emperan Pertokoan Pekanbaru

ibu-melahirkan.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Aiptu Zamhur, anggota Polri yang bertugas di Polsek Pekanbaru Kota, Resor Kota Pekanbaru, Riau itu tak menyangka jika tugas yang dihadapinya pada Minggu pagi tadi jauh dari bayangannya.

Bukan pelaku kejahatan atau pengganggu Kamtibmas yang dia harus hadapi, melainkan menyelamatkan nyawa ibu dan seorang bayi mungil.

Polisi yang kesehariannya bertugas di Unit Reskrim Polsek Pekanbaru Kota tersebut bersama pihak rumah sakit dan bidan membantu seorang wanita yang melahirkan sendiri di emperan ruko deretan Hotel Sabrina Jalan Tuanku Tambuasai, Kecamatan Marpoyan Damai, Pekanbaru, Riau.

Berkat kesigapan Aiptu Zamhur yang langsung membawa pihak RS Tabrani, perempuan bernama Sandi boru Nababan (25) beserta bayinya dapat selamat.

Kisah heroik polisi ini bermula saat Aiptu Zamhur bersama personil polisi lainnya, di Pos Gurindam 2 bertugas menjaga penutupan Jalan Sudirman dan HR Soebrantas dalam rangka Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Pekanbaru, Minggu sekitar pukul 10.00 Wib.


Saat sedang melaksanakan tugasnya di Pos Gurindam 2, Aiptu Zamhur tiba-tiba didatangi seorang warga yang melaporkan seorang perempuan telah melahirkan sendiri di dekat Hotel Sabrina Jalan Tuanku Tambuasai, Pekanbaru.

"Mendengar laporan warga itu, selanjutnya kita yang berada di Pos langsung bergegas melaporkan ke Rumah Sakit terdekat yaitu RS Tabrani sambil langsung ke TKP menggunakan ambulan," kata Aiptu Zamhur kepada wartawan.

Di TKP, lanjut Zamhur, ibu dan bayi selamat, namun sang ibu terlihat pucat dan lemas usai persalinan yang dilakukannya sendiri, namun ibu itu tidak mau dibawa kerumah sakit untuk dilakukan perawatan medis.

"Ibu itu menolak waktu kita mau bawa ke rumah sakit, walau pun kita bersama perawat sudah membujuk rayunya," ujar Zamhur.

Mendapati kondisi itu, Aiptu Zamhur kemudian meminta kepada warga sekitar untuk mencari bidan dan membawanya ke lokasi kejadian.

Belakangan diketahui, ibu yang melahirkan sendiri itu bernama, Sandi Br Nababan (26) warga asal Dumai dengan alamat sementara di Jalan Dagang Gg Persahabatan, Kelurahan Kampung Tengah, Kecamatan Sukajadi, Pekanbaru.

Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol H Nandang Mu'min Wijaya SIK MH juga membenarkan penyelamatan ibu dan bayinya tersebut dan ini merupakan bagian dari tugas dan pelayanan polisi kepada masyarakat.