Kritik WHO, Trump: Gagal Tangani Corona, Lebih Fokus ke China

Donald-Trump.jpg
(Foto: REUTERS/Kevin Lamarque)

RIAUONLINE - Presiden Amerika Donald Trump dengan tajam mengkritik Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) hari Selasa, menuduhnya terlalu fokus pada China dan mengeluarkan nasihat buruk selama terjadi wabah virus corona.

“WHO benar-benar gagal,” kata Trump dalam cuitannya di Twitter. “Sebagian besar didanai oleh Amerika Serikat, namun sangat sentris China. Kami akan mengawasinya. Untungnya saya menolak saran mereka supaya perbatasan kami terbuka bagi China sejak awal. Mengapa WHO memberi kami rekomendasi yang salah?”

WHO tidak menanggapi permintaan kantor berita Reuters untuk memberikan komentar.


Tanggal 31 Januari, organisasi kesehatan PBB itu menyarankan agar negara-negara tetap membiarkan perbatasan masing-masing terbuka walapun ada wabah itu, meskipun WHO juga mengatakan negara-negara punya hak untuk mengambil langkah-langkah guna melindungi warganya. Pada hari yang sama, Pemerintahan Trump mengumumkan pembatasan perjalanan dari China.

Kaum konservatif Amerika semakin sering mengkritik WHO dalam masalah pandemi global ini, dan mengatakan mereka menggunakan data yang salah dari China tentang perebakan wabah virus corona.

Artikel ini lebih dulu tayang di VOAindonesia