Terbuka Dengarkan Aspirasi, Gojek Pastikan Kesejahteraan Mitra Driver

gojek.jpg
(internet/tribun jakarta)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Head of Regional Corporate Affairs Gojek, Dian Lumban Toruan mengatakan, Gojek menyayangkan aksi demo yang dilakukan sejumlah mitra driver di Kantor Pekanbaru, Riau, pada Selasa, 11 Februari 2020.

Karena kata Dian, Gojek selalu terbuka untuk mendengarkan aspirasi mitra driver yang disampaikan demi kebaikan bersama serta disampaikan melalui wadah-wadah komunikasi yang tersedia.

"Salah satu wadah komunikasi yang dilaksanakan secara rutin di seluruh area operasional Gojek adalah Kopdar Mitra Gojek," kata Dian, melalui pesan tertulis kepada RIAUONLINE.CO.ID, Selasa, 11 Februari 2020.

Melalui kopdar Dian menambahkan, mitra dapat menyampaikan aspirasi, berbagi pengalaman dan memberi masukan sekaligus berinteraksi dengan sesama mitra dan manajemen. Sehingga tanpa aksi pun seluruh aspirasi mitra dapat disampaikan.

"Walaupun aksi ini belum mendapatkan izin pihak yang berwenang, namun dengan semangat kekeluargaan, kami telah menemui enam orang perwakilan aksi dan membahas poin-poin yang disampaikan, antara lain mengenai poin dan fitur baru penyamaran nomor telepon," kata Dian.


Dian menjelaskan, terkait poin yang berhubungan dengan skema insentif, disampaikannya bahwa insentif adalah bonus tambahan yang diberikan Gojek demi menjaga kualitas layanan.

Skema insentif akan selalu menyesuaikan dengan kondisi pasar karena tujuan utama skema insentif adalah untuk mengupayakan titik temu terbaik antara permintaan pelanggan dan ketersedian mitra GOJEK.

"Komitmen kami kepada keamanan mitra dan pelanggan kami wujudkan melalui fitur Penyamaran Nomor Telepon atau Number Masking, yang berfungsi untuk menjaga privasi serta keamanan data berupa nomor telepon pribadi, baik di sisi pelanggan maupun mitra driver. Keduanya dapat saling berkomunikasi tanpa harus bertukar informasi berupa nomor telepon," tuturnya.

"Maka bagi pelanggan Gojek, jangan khawatir kalau saat pesan Gojek ada telepon masuk dari +6221-xxxxxx, sebab itu adalah nomor driver yang juga disamarkan," Dian menambahkan.

Dian mengatakan, Gojek fokus dalam memastikan kesejahteraan bagi mitra driver dan tidak hanya terbatas pada tarif dan insentif. Salah satu bentuk perwujudan aspirasi mitra adalah diluncurkannya berbagai program kesejahteraan mitra yang terdapat dalam GOJEK Swadaya.

"Mitra Gojek kami di seluruh nusantara dapat membeli paket data dengan harga hemat, mengikuti program asuransi, cicilan rumah, potongan harga di berbagai pojok Swadaya dan berbagai program lainnya," pungkasnya.

Dalam kesempatan ini, Dian juga mengoreksi pemberitaan media ini sebelumnya yang menyebutkan aksi demo di depan kantor GOJEK Pekanbaru diikuti seribuan driver. Namun sebenarnya berjumlah sekitar 200 orang.