Atasi Kebutuhan Industri, Guru Sekolah Vokasi Raih Sertifikasi Alat Berat

Sertifikat-Alat-Berat.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PANGKALAN KERINCI - sebanyak sembilan guru dari tiga sekolah, SMKN 1 Pangkalan Kerinci, SMKN 1 Teluk Kuantan, dan SMK Muhammadiyah 1 Pekanbaru, mendapatkan sertifikasi untuk alat berat dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSB) untuk Alat Berat. 

 

Head Education Community Development (CD) PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), Sundari Berlian mengatakan, sertifikasi ini dilakukan untuk memberikan standar kompetensi dibutuhkan industri.

 

"Sehingga bisa dijadikan bahan pembelajaran dan peningkatan pengetahuan dan keterampilan kepada siswa. Perusahaan memberikan dampingan kepada sekolah seperti menyediakan fasilitas untuk studi banding, training, magang untuk guru dan sebagainya," kata Sundari, Senin, 12 Agustus 2019. 

 


Sundari menuturkan dukungan ini diberikan untuk dunia pendidikan berkualitas di Riau sesuai dengan prinsip  Sustainability Development Goals (SDGs) 2030 pada poin keempat, memastikan kualitas pendidikan yang inklusif dan adil serta mempromosikan kesempatan belajar seumur hidup bagi semua. 

 

“Program Vokasi ini juga bekerjasama dengan Kementerian Perindustrian. MoU-nya dimulai pada 2017 lalu di Medan, Sumatera Utara. Kami komit dengan MoU ini karena kepedulian perusahaan terhadap pendidikan siswa-siswa yang berada di Riau,” tutur Sundari dalam rilis diterima RIAUONLINE.CO.ID

 

Kepala Sekolah SMKN 1 Pangkalan Kerinci, Hj Nurasiah MPd, mengapresiasi dengan program dimiliki RAPP. Lewat program ini, tuturnya, membantu meningkatkan kebutuhan industri dan mengurangi pengangguran.

 

“Sudah empat guru kami memperoleh sertifikasi alat berat. Sebagai kepala sekolah kami merasa bangga dengan pencapaian itu. Adanya Mou ini pendidikan untuk siswa kami menjadi lebih baik,” tuturnya.

 

Saat ini, Nurasia mengatakan kebutuhan dari pihak industri akan mulai teratasi dengan kerjasama pendidikan vokasi ini. Saat ini ada tiga bidang kompetensi, yaitu Teknik laat berat, Teknik Instalasi Tenaga Listrik, dan Mesin Pengelasan.