Sembilan Media Anggota AMSI Riau Sudah Terverifikasi Faktual Dewan Pers

Asosiasi-Media-Siber-Indonesia.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Dewan Pers melakukan pembaharuan data media terverifikasi administrasi dan faktual di website resmi mereka.

Pembaharuan data ini untuk memastikan media-media terdaftar selama ini masih menjalankan aktifitas perusahaan pers.

Ditinjau di laman www.dewanpers.or.id, untuk wilayah Riau terdapat 16 media online atau siber sudah tercatat sebagai perusahaan pers terverifikasi administrasi dan faktual.

Dari data tersebut, 9 media siber tersebut sudah terverifikasi administrasi dan faktual merupakan anggota Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Riau.

Ketua AMSI Riau, Ahmad S Udi mengatakan, AMSI terus mendorong agar semua anggota memenuhi persyaratan perusahaan pers sebagaimana diatur oleh peraturan Dewan Pers.


"Iya, kita terus mendorong agar semua anggota tergabung di AMSI bisa memenuhi semua kriteria dan standar perusahaan pers. Dari data kita dapat, lebih dari 80 persen anggota kita sudah terverifikasi administrasi dan faktual," ungkap Pemimpin Redaksi riauterkini.com tersebut, Senin, 2 Desember 2019.

Tahun ini, kata Ahmad, terdapat empat media siber anggota AMSI dinyatakan memenuhi standar perusahaan pers. Di antaranya RIAUONLINE.CO.ID, Riaupos.co, Cakaplah.com dan Tribunpekanbaru.com.

"Sebelumnya sudah ada 5 media sudah lulus verfak (verifikasi faktual). Tahun ini ada empat anggota AMSI diverifikasi faktual oleh Dewan Pers. Alhamdulillah semuanya lulus sebagai perusahaan pers baik secara administrasi ataupun faktual," kata Ahmad S Udi dengan bangganya.

Hingga kini, terdapat 12 media siber tergabung di AMSI Wilayah Riau. Sebagian besar sudah memenuhi standar perusahaan pers.

Adapun Sembilan Media dan Anggota AMSI Riau Terverifikasi Admistrasi dan Faktual Adalah:

1. Bertuahpos.com
2. Cakaplah.com
3. Goriau.com
4. Antarariau.com (antaranews.com)
5. Potretnews.com
6. Riaupos.co.
7. Riauonline.co.id
8. Riauterkini.com
9. Tribunpekanbaru.com

Sementara tiga media daring anggota AMSI Riau yang masih terverfikasi administrasi antara lain riausatu.com, ekonomipos.com, dan utusanriau.com.

"Kita upayakan tahun depan semua anggota AMSI Riau suda terverifikasi faktual. Karena kita ingin bisnis media ini sehat dan dijalankan sesuai aturan yang berlaku," ucapnya.