Tersesat, Buaya Muara Sungai Siak Masuk Pekarangan Halaman Rumah Warga

Buaya-Sungai-Siak-Naik-ke-Darat.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau mengevakuasi buaya sepanjang lebih dari 2 meter menggegerkan warga Kampung Merempan Hilir, Kecamatan Mempura, Siak. 

 

Buaya muara itu, Rabu pagi, 4 September 2019, naik ke daratan dan meneror penduduk desa di sekitar SDN 04 Kampung Merempan itu. 

 

Kepala BBKSDA Riau Suharyono mengatakan, buaya berjenis kelamin jantan itu diduga mengalami dislokasi atau tersesat. Sejatinya, habitat buaya itu berada di dalam sungai dan berbatasan langsung dengan muara laut. 

 

Petugas BBKSDA Riau mendapat informasi itu pun segera melakukan upaya evakuasi dan penyelamatan. 


 

"Setelah menerima informasi tersebut, Balai Besar KSDA Riau langsung menurunkan timnya ke lokasi. Saat sampai di lokasi, buaya telah ditangkap petugas Damkar dan ditempatkan di kantor Dinas Damkar. Akhirnya Dinas Damkar melakukan serah terima kepada petugas Balai Besar KSDA Riau pada hari sama," katanya. 

 

 

 

Hasil penelitian sementara, buaya itu diketahui jenis Xrocodylus porosus atau buaya muara dengan panjang sekitar 2,5 meter, lebar 50 cm dan berjenis kelamin jantan. 

 

"Kemungkinan besar satwa mengalami dislokasi atau tersesat sehingga naik ke daratan. Habitat umumnya berada di dekat muara sungai yang berbatasan langsung dengan lautan dan jika Buaya terus berenang ke hulu maka biasanya mengalami dislokasi," jelasnya.

 

Satwa langsung diamankan di kantor Bidang KSDA Wil 2 untuk dilakukan pemeriksaan  terlebih dahulu sebelum dilepasliarkan kembali ke habitatnya yang jauh dari pemukiman penduduk.