Diselimuti Asap, Jarak Pandang di Pekanbaru 2 Kilometer

kabut-asap.jpg
(yan)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Kabut asap sisa kebakaran hutan dan lahan masih mengepung Kota Pekanbaru. Kekaburan udara akibat asap mengakibatkan penurunan jarak pandang hanya 2 kilometer.

Selain Pekanbaru, kekaburan udara akibat kabut asap juga terjadi di Indragiri Hulu dengan jarak pandang 6 Km, dan Dumai 3 kilometer.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Stasiun Pekanbaru menyatakan, satelit Tera dan Aqua memantau lonjakan titik panas yang diindikasikan kebakaran hutan dan lahan di wilayah Riau mencapai 75 titik. Jumlah titik panas cenderung meningkat dari hari sebelumnya 39 titik.


"Titik panas terpantau pukul 07.00 pagi," kata Kepala BMKG Pekanbaru melalui rilis harian, Selasa, 6 Agustus 2019.

Adapun penyebaran titik panas terpantau di Rokan Hilir 24 titik, Pelalawan 17 titik, Indragiri Hilir 15 titik, Siak sembilan titik, Bengkalis tiga titik, Kampar tiga titik, Meranti dua titik, Kuantansingingi satu titik dan Dumai satu titik.

Tingkat kepercayaan (level confidence) di atas tujuh puluh persen sebanyak 53 titik api, yang tersebar di Rokan Hilir 19 titik, Pelalawan 13 titik, Indragiri Hilir 12 titik, Siak lima titik, Bengkalis dua titik dan Kampar dua titik.

"Cuaca pagi hari cerah berawan, dan berpotensi jarak pandang berkurang adanya kabut asap," ujarnya.