IWARA Gelar Seminar Kanker Serviks

RAPP-Serviks.jpg
(Istimewa/ External Communication PT RAPP)

 

RIAU ONLINE, PANGKALAN KERINCI - Ikatan Wanita Riau Andalan (IWARA) PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) menggelar seminar tentang pencegahan kanker serviks kepada seluruh wanita di sekitar Riau Kompleks.

Ketua Umum IWARA RAPP, Azrina Rudi Fajar megatakan bahwa harapannya, para ibu kompleks dapat mengetahui apa itu kanker serviks.

"Dengan adanya kegiatan seminar ini, para ibu-ibu di Riau Kompleks bisa lebih mengetahui tentang kanker serviks. Sehingga bila diketahui gejalanya atau sedang mengalami kanker serviks bisa segera melakukan pengobatan ke rumah sakit," sebutnya melalui rilis, Selasa, 23 April 2019.


Itu semua karena kanker serviks dapat menyerang wanita manapun tanpa memandang usia yang dapat sembuh total jika dideteksi sejak dini.

Seminar ini diisi oleh narasumber yang berkompeten dari Rumah Sakit Awal Bros, Pekanbaru seperti Dokter Kandungan, dr. Zaldy Zaini, SpOG dan Spesialis Onkologi Radiasi, dr. Arry Setyawan, Sp.Onk.Rad.

Dalam pemaparannya, dr Zaldy mengatakan salah satu deteksi awal pencegahan kanker serviks dengan melakukan pap smear dengan secara berkala.

"Alat tersebut bisa melihat dan mengenali aktifitas sel yang tidak normal, jadi kanker serviks bisa dicegah. Kemudian lakukan vaksinasi HPV agar tidak terjakit kanker serviks dikemudian hari," jelas dr Zaldy.

Seminar ini bertajuk Wanita Sehat Tanpa Kanker diselenggarakan di Unigraha Hotel, Pangkalan Kerinci.