Mappilu PWI Riau Ingatkan Bawaslu Tidak Gegabah

Surat-Suara-Pipres-2019.jpg
(Republika)

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Masyarakat dan Pers Pemantau Pemilu (Mappilu) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau mendukung penuh upaya Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan aparat penegak hukum dalam menindak pelaku money politics (politik uang) pada Pemilu 2019.

Namun tentunya upaya itu tetap dilakukan dengan profesional dan tidak gegabah.

" Dalam upaya penegakan hukum terhadap praktik politik uang, tentu Bawaslu dan aparat penegak hukum harus melakukannya secara profesional, tepat, benar dan tidak gegabah," kata Ketua Mappilu PWI Riau, Mohammad Moralis melalui rilis, Selasa, 16 April 2019.


Harapan itu buntut dari penangkapan salah satu Caleg DPR RI dan tiga orang warga oleh Bawaslu Kota Pekanbaru dan aparat Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) yang awalnya diduga melakukan praktik politik uang, Selasa, 16 April 2019.

Namun setelah diperiksa oleh Bawaslu Kota Pekanbaru dan Gakkumdu selama beberapa jam, keempatnya dinyatakan tidak terbukti melakukan praktik politik uang. Akhirnya mereka dilepas kembali.

Sebagai lembaga pemantau Pemilu yang telah mendapat akreditasi dari Bawaslu RI, Mappilu PWI Riau, tambah Moralis, akan mengawal jalannya pesta demokrasi ini.