Siang Hingga Malam Hari Jet Tempur Berkeliaran. Ini Penyebabnya

Pesawat-F16-Roesmin-Nurjadin.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/PENTAK LANUD RSN)


RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pesawat tempur F16 Fighting Falcon dan Hawk 100/200 dari Skadron Udara 16 dan 12 Pangkalan Udara Roesmin Nurjadi menggelar latihan tempur Bido Gesit 2019 di Provinsi Riau.

Komandan Lanud Roesmin Nurjadin, Marsekal Pertama TNI, Rony Irianto Moningka di Pekanbaru, Selasa mengatakan latihan tersebut untuk menguji kemampuan prajurit dalam mengembangkan taktik serta teknik dalam pertempuran udara.

"Kami mengembangkan taktik dan teknik dengan tetap mengacu kepada ketentuan yang berlaku dan terus melaksanakan koordinasi antar satuan jajaran dengan melakukan perencanaan latihan dengan secermat-cermatnya," kata Ronny, Selasa, 12 Maret 2019.

Agenda rutin pangkalan militer terlengkap di Pulau Sumatera tersebut digelar mulai Senin awal pekan ini hingga Kamis, 14 Maret 2019 mendatang.

Latihan ini melibatkan puluhan prajurit yang fokus melakukan pengusiran pasawat asing dari wilayah udara NKRI, penurunan paksa pesawat asing ilegal, penanggulangan kebakaran, penanganan Emergency Hawk 200 dan Penanganan Emergency F-16.

"Selain itu kegiatan juga meliputi closer air support (CAS), Sar Tempur Heli EC-725 /HT-7202 dan Pertahanan Pangkalan," ujarnya.

Sementara itu ditempat yang berbeda, Komandan Latihan Bido Gesit 2019, Mayor Pnb Putut Hanggiro mengatakan bahwa latihan itu diselenggarakan pada siang maupun dilakukan pada malam hari.