Pagi Ini, Tim Gabungan Masih Pendinginan Di Lahan Terbakar Rupat

Satgas-gabungan-pemadam-api.jpg
(ist)

Laporan : ANDRIAS

 

RIAUONLINE, BENGKALIS - Tim gabungan pemadam kebakaran lahan dan hutan terdiri dari BPBD, TNI, Polri, Damkar serta dibantu masyarakat, Sabtu 23 februari 2019 pagi ini tetap siaga dengan melakukan upaya pendinginan.

"Sejak kemarin, sejumlah titik api tidak ada dan sudah berhasil dipadamkan. Namun, tim gabungan pemadam hingga sekarang masih tetap siaga dilokasi, guna melakukan upaya pendinginan," kata Kepala Kabid pencegahan dan kesiap siagaan, Darwissam dihubungi RIAUONLINE. CO. ID, Sabtu 23 Februari 2019 pagi via phone.

Sebelum action, terang Darwissam. Tim gabungan karlahut diberikan pengarahan dan lakukan apel siaga bersama dihalaman kantor Lurah Terkul.


"Sebelum kita beraksi, seperti biasa memberikan pengarahan pada apel siaga pagi di halaman kantor Lurah Terkul jalan Soebrantas, " terang Darwissam.

Sebelumnya, kepada RIAUONLINE.CO.ID Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Bengkalis, Djamaluddin juga mengatakan hal yang sama. Menurutnya, beberapa titik api yang sempat meluas di Kecamatan Rupat lalu sudah berhasil di padamkan.

Pun demikian, Djamaludin menambahkan bahwa seperti di daerah Teluk Lecah, Sri Tanjung serta di Kebumen, sejak kemarin petugas masih terus melakukan melakukan pendinginan yang dikhawatirkan bakal muncul api baru, dikarenakan kondisi cuaca saat ini panas

"Upaya pemadaman di Rupat itu juga di bantu dengan pemadaman dari udara dengan menggunakan water boming," terang Dajamaludin lagi.

Sementara saat ini, petugas gabungan pemadam kebakaran lahan dan hutan masih tampak fokus pada titik lokasi pemadaman dibeberapa titik kelurahan diantarnya Kelurahan Terkul dan Pergam.

"Data yang diterima hingga saat ini, Diperkirakan lahan dan hutan terbakar di rupat sekitar +_50 hektar. Dan saat ini fokus pendingina saja," ujarnya.