Jarang Demo, Begini Kondisi HMI Cabang Pekanbaru

Yudi-Juliandra.jpg
(Hasbulah Tanjung)

Laporan: HASBULLAH TANJUNG

RIAUONLINE, PEKANBARU - Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) cabang Pekanbaru mengakui pihaknya belum bisa berkontribusi banyak dalam menyelesaikan persoalan ummat dan bangsa pasca dilantik pada Februari lalu.

Alih-alih menyelesaikan persoalan ummat dan bangsa, HMI cabang Pekanbaru sendiri bahkan tidak mampu menyelesaikan permasalahan Internal yang ada di dalam strukturnya.

Ketua Umum HMI komisariat Disaint Yudi Juliandra mengakui hal tersebut. Menurutnya HMI cabang Pekanbaru tidak konsisten, pasalnya setelah 8 bulan berjalan kepengurusan, HMI cabang Pekanbaru tidak melaksanakan amanah Konfercab yaitu pembentukan Koordinator Komisariat (Korkom).

"Padahal pembentukan korkom tersebut adalah perpanjangan tangan HMI cabang terhadap komisariat-komisariat, jika dilihat kembali korkom sangat berandil besar dalam membantu kinerja cabang dalam mewakili pengurus cabang dalam menyelesaikan persoalan intern diwilayah koordinator sesuai anggaran rumah tangga bab II bagian VII pasal 35 point ke-2," ujar Yudi, Selasa, 20 November 2018.

Tidak hanya itu saja, dalam menjalankan roda organisasi HMI cabang Pekanbaru tidak sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga karena tidak pernah melaksanakan sidang Pleno.


"Hal ini sudah diatur dan ditetapkan dalam anggaran rumah tangga pasal 30 mengenai tugas dan wewenang point ke-6," pungkasnha.

Seharusnya, HMI Cabang Pekanbaru bisa menjadi role model sebagai percontohan kepada komisariat-komisariat di lingkungan cabang Pekanbaru untuk patuh terhadap anggaran dasar dan anggaran rumah tangga HMI sesuai ketetapan kongres ke-30 di Kota Ambon.

HMI cabang Pekanbaru, lanjut Yudi, harus banyak berbenah diri, karena banyaknya permasalahan di dalam Internal HMI cabang Pekanbaru sendiri.

Ditambah lagi HMI cabang Pekanbaru tidak menindak lanjuti oknum pengurus HMI cabang Pekanbaru yang terlibat dengan politik praktis.

Hal ini sudah sangat jelas mencederai marwah HMI dan melanggar Indepedensi Organisatoris, padahal sudah sangat jelas dalam anggaran dasar bab III pasal 6 disebutkan HMI adalah organisasi Independen.

"HMI cabang Pekanbaru tidak mampu menjadi garda terdepan dalam mengawal dan menyelesaikan persoalan-persoalan ummat dan bangsa dan kami sangat menyayangkan kepengurusan HMI cabang Pekanbaru yang telah mengkangkangi AD/ART HMI dan jelas ini menurunkan marwah HMI itu sendiri," tutupnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id