Canggihnya Senjata Marinir Indonesia yang Bisa Menembus Rompi Antipeluru

ILUSTRASI-TNI-AD1.jpg
(ELSHINTA)


RIAU ONLINE - Korps Marinir TNI Angkatan Laut dilengkapi berbagai persenjataan lengkap yang canggih untuk dapat melumpuhkan setiap musuh. Hebatnya, senjata -senjata yang jadi andalan dalam pertempuran itu sebagian besar buatan dalam negeri, PT Pindad.

Berikut beberapa senjata milik marinir seperti dilansir dari merdeka.com, Minggu, 18 November 2018:

1. SS1 Varian (SS1 V1)

SS-1 diproduksi dalam konfigurasi senapan standar dan karabin pendek. Senapan standar disebut SS1-V1 (FNC Standard Model 200), sedangkan karabin disebut SS1-V2 (FNC Short Model 7000). Keduanya dilengkapi laras berisi pelintiran tembakan tangan kanan sepanjang 178 mm, untuk stabilisasi mengantisipasi peluru SS109 Belgia yang lebih berat.

4 Senjata Canggih Marinir Indonesia, Bisa Tembus Rompi Antipeluru ASMerdeka.com

SS-1 bisa dipasang attachment, seperti foregrip yang dapat merubah seperti model Standar M4A1 tanpa Red Dot Sight, varian Pelontar Granat (M203, M320 / GP25) dan berbagai Scope seperti Red Dot Sight, Holographic Sight dan ACOG Sight serta Mars Sight yang scopenya sudah menempel di senjata.

2. Pindad SS2

Senapan Serbu 2 atau SS2, adalah buatan PT Pindad yang menjadi generasi kedua dari senapan serbu Pindad sebelumnya, SS1. SS2 diklaim didesai lebih ergonomis, tahan kelembaban tinggi, lebih ringan, serta akurasi lebih baik.


4 Senjata Canggih Marinir Indonesia, Bisa Tembus Rompi Antipeluru ASMerdeka.com

Senapan ini menggunakan peluru kaliber 5.56 x 45 mm standar NATO dan memiliki berat kosong 3,8 kg, sebagai catatan SS1 varian awal memiliki berat kosong 4,01 kg. Pada tahun 2006, TNI-AD membeli 10.000 pucuk senapan SS2. Awalnya tersedia dalam tiga versi dasar (standard rifle SS2-V1, carbine SS2-V2 dan para-sniper SS2-V4) sekarang ini juga tersedia dalam subcompact versi SS2-V5, yang dikenalkan pada 2008.

Hebatnya, senjata ini mampu menembus rompi antipeluru dan helm standar tempur yang digunakan korps marinir AS.

3. Denel NTW-20

NTW-20 adalah senapan runduk anti materiel asal Afrika Selatan yang manggunakan amunisi kaliber 20 atau 14,5 mm. Beberapa bagian termasuk laras dan bolt mengambil dari desain meriam otomatis Vektor GA1 yang sudah ada sebelumnya.

4 Senjata Canggih Marinir Indonesia, Bisa Tembus Rompi Antipeluru ASMerdeka.com

Senapan ini secara resmi juga digunakan oleh militer Afrika Selatan pada tahun 1998.

4. FN Minimi

FN Minimi merupakan senapan mesin ringan yang diproduksi oleh perusahaan senjata Belgia Fabrique Nationale de Herstal (FN).

4 Senjata Canggih Marinir Indonesia, Bisa Tembus Rompi Antipeluru AS

Merdeka.com

FN Minimi menjadi salah satu senjata yang revolusioner dan sangat legendaris, karena menghasilkan kelas baru, SAW (Squad Automatic Weapon), alias senapan mesin yang mandiri di mana sang operator berfungsi ganda sebagai penembak dan penjaga sabuk peluru, serta bisa ditembakkan dari posisi bahu seperti layaknya senapan serbu namun dengan kapasitas sekelas senapan mesin (100 atau 200 sabuk peluru).