Inilah Sejumlah Upaya DPD RI Perjuangkan Aspirasi Riau

Anggota-Dewan-Perwakilan-Daerah-DPD-RI-daerah-pemilihan-Riau-Abdul-Gafar-Usman.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)


RIAU ONLINE, PEKANBARU - Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI daerah pemilihan Riau, Abdul Gafar Usman mengatakan upaya maksimal untuk mendengarkan aspirasi rakyat Riau telah dilakukan. Diantaranya adanya dana sebesar Rp 16 miliar untuk memperbaiki garis pantai warga pesisir Riau yang porak poranda akibat terjangan abrasi.

Tidak hanya itu, beberapa aduan dari masyarakat lainnya juga telah diusulkan untuk kepentingan Riau. "Kalau yang lain, aduan masyarakat tentang harga Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertalite yang berhasil turun," katanya, Kamis, 8 November 2018.

Abdul Gafar Usman mengatakan sebelum harga BBM beroktan 90 ini turun, pihaknya melakukan pemantauan ke seluruh wilayah Indonesia. Hasilnya, harga Pertalite di Riau memang yang tertinggi se-Indonesia.

Lalu pihaknya segera berkoordinasi dengan DPRD Riau serta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau untuk melakukan perubahan terhadap Peraturan Gubernur yang ada.

Baca Juga: Tahun 2019, Riau Akan Dapat Rp 16 M Untuk Perbaiki Abrasi Pantai


"Kemudian kita lakukan koordinasi langsung dengan ketua DPRD Riau karena pergub dan perdanya. Perda diperbaiki baru pergubnya. Sehingga pertalite turun karena perda kita minta diubah," jelasnya.

Selain itu, Presiden Jokowi dengan senang hati menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 4 Tahun 2016 tentang Percepatan Pembangunan Infrastruktur Ketenagalistrikan yang berimbas kepada masyarakat Riau. Hasilnya, tahun 2019 mendatang 100 persen seluruh desa yang ada di Riau akan mendapatkan pasokan listrik.

"Perpres kelistrikan juga kita perjuangkan. Sehingga masuk dalam Perpres pengembangan dan peningkatan sumber daya listrik di Riau," tutupnya.