Wow... 4 Senjata Sniper Paling Mematikan Ini Punya Indonesia

Sniper.jpg
(SINDONEWS)


RIAU ONLINE - Senyap dan mematikan. Keberadaan penembak jitu atau sniper memang sulit terdeteksi. Keahlian menembak disertai persenjataan canggih menjadi kunci seorang sniper.

Indonesia punya keduanya. Banyak penembak jitu dengan senjata yang canggih. Bahkan Indonesia mampu memproduksi senjata sniper sendiri yang diakui dunia.

Berikut jenis senjata sniper milik Indonesia, yang dikutip dari merdeka.com, Rabu, 17 Oktober 2018:

1. Hecate II

Dikenal juga dengan nama FR-12,7 mm, Hecate II merupakan senapan anti-materiel buatan PGM PGM Prcision asal Perancis. Hecate II menjadi senjata andalan Kopassus TNI AD, Taifib Korps Marinir, dan Kopaska TNI AL, Detasemen (Den) Bravo 90.

merdeka.com

Keunggulan Hecate II terletak dari monopod yang dipasang pada bagian popor. Fungsinya, untuk membuat pemakaian senapan lebih stabil. Melengkapi fungsi tersebut, overpressure vents juga sangat mendukung untuk membuang tekanan gas ketika terjadi pemecahan peluru di dalam.

2. Barrett M82A1

M82 adalah senapan kategori high-powered heavy sniper rifle yang dikembangkan dan diproduksi oleh American Barret Firearmas Company. Senapan andalan Kopassus ini disebut pula dengan nama Light Fifty karena kalibernya yaitu yaitu .50 BMG (12.7 mm). Senapan ini menjadi andalan Kopassus.


merdeka.com

Jarak tembak efektif mencapai 1500 meter dengan record 2500 meter, dengan amunisi bertenaga tinggi yang sangat efektif seperti API dan Raufoss Mk 211, sangat efektif untuk menghadapi target seperti kabin radar, truck, pesawat udara yang sedang parkir dll.

M82 juga dapat digunakan terhadap target manusia dari jarak yang cukup jauh atau saat ia berada di balik pelindung seperti dinding.

3. SPR-3

SPR-3 adalah senjat sniper buatan Indonesia, yang dirancang sebagai senapan yang didedikasikan untuk memberi jaminan akurasi, kemudahan pemeliharaan, keandalan dan ketahanan militer. Ada tembakan tunggal, tindakan baut senapan dengan penglihatan optik dan malt baffle muzzle brake untuk mengurangi kekuatan hentakan. Stok gagang lipat tersedia sebagai pilihan untuk pendek dan panjang.

merdeka.com

Varian SPR-3 dengan peredam termasuk amunisi subsonic. Biasanya sistem ditujukan untuk penglihatan teleskopik 10x5, penglihatan malam yang dapat digunakan dengan kedua senapan. Digunakan untuk tentara Indonesia.

4. SPR-2

SPR-2 senjata buatan Indonesia produksi PT Pindad yang membuat dunia militer kagum akan kecanggihan. Senapan ini mampu menjangkau target dengna jitu dalam jarak lebih dari 2 km. Jenis peluru senjata sniper SPR 2 ditakuti banyak negara. Peluru ini mampu menembus kendaraan lapis baja sekalipun.

SPR 2 Pindad (merdeka.com)

Dengan rincian SPR-2 berkaliber 12,7 mm x 99 mm, panjang senapan 1.755 mm, berat keseluruhan 19,5 kg, panjang barel 1.055 mm, kapasitas peluru antara 5-10 butir. Rifling atau alur spiral berulir pada bagian dalam laras senjata api ini yakni 8 grooves, RH 381 mm (15) twist. Kecepatan rata-rata lesatan peluru 900 meter per detik dan jangkauan 2 km.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE  

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id