70 Utusan Riau Ikuti Kongres XXIV PWI di Solo

Kongres-XXIV-PWI-2018.jpg
(Istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Kongres XXIV Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) yang akan memilih ketua umum organisasi wartawan terbesar ini, bakal dibuka Presiden Joko Widodo di Hotel Sunan, Solo pada Jumat 28 September 2018 mendatang.

Rangkaian kongres yang dihadiri delegasi dari 35 cabang PWI dari seluruh Indonesia, termasuk 70 utusan dari PWI Provinsi Riau itu, akan dimulai Kamis 27 September 2018 hingga Ahad 30 September 2018.

Ketua PWI Riau H Zulmansyah Sekedang, mengatakan, delegasi Riau sendiri yang berjumlah cukup banyak, yakni 70 orang peserta ini. Baik peserta, peninjau dan penggembira, akan berangkat ke Solo melalui Bandara Sultan Syarik Kasim II Pekanbaru.

"Banyaknya utusan Riau yang mengikuti Kongres XXIV PWI Riau karena sangat antusiasnya anggota PWI di Riau untuk menyukseskan agenda penting lima tahunan ini. Puluhan anggota PWI di Riau yang ikut, tidak hanya berasal dari pengurus PWI Provinsi Riau, tapi juga anggota dan pengurus PWI kabupaten/kota di Riau," jelas Zulmansyah.

Zulmansyah mengingatkan delegasi PWI Riau untuk tetap menjaga kekompakan dan menjaga nama baik Bumi Lancang Kuning dan PWI Riau.

Di tempat terpisah, Ketua PWI Cabang Khusus Surakarta, Anas Syahirul, mengatakan, Presiden Jokowi siap membuka kongres PWI pada hari Jumat 27 September 2018 pukul 16.00 WIB.

"Selain Presiden Jokowi juga hadir Menteri Kominfo Rudiantara juga beberapa gubernur seperti Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Gubernur Jatim dan Gubernur Gorontalo,” papar Anas.


Acara inti Kongres XXIV PWI adalah laporan pertanggungjawaban pengurus PWI dan pemilihan ketua PWI yang baru. Kongres dipusatkan di Hotel Sunan.

Selain acara inti, juga digelar sejumlah agenda, yaitu pra event berupa dua seminar, yakni "Yang Muda yang Berkarya Generasi Milenial Kreatif." Seminar ini digelar Auditorium Mohammad Djazman, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Kamis (27/9/2018) pagi.

"Sasaran seminar adalah anak muda atau mahasiswa yang akrab disebut generasi milenial. Dengan pembicara Rubben Hatari dari Facebook Indonesia, Ryan Raharjo dari Google Indonesia, Fikar Muhammad dari Ceknricek.com, dan Diajeng Lestari dari Hijup.com," katanya.

Kemudian, seminar kedua di Monumen Pers Nasional (MPN) Solo yang terletak di Jalan Gajah Mada, Solo, pada pukul 13.00 WIB. Seminar dengan tema "Pers Kebangsaan dan Pembangunam di Era Digital" dengan menghadirkan pembicara Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Oesman Sapta Odang dan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo.

Malam harinya, seluruh peserta mendapat jamuan makan malam oleh Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo, di Pendapi Gede Balai Kota Solo.

Di sela kongres juga digelar acara khusus, yakni malam refleksi yang akan digelar Sabtu (29/9) malam di MPN. "Akan ada pertunjukan wayang kulit dan keroncong, para jurnalis bisa saling sharing di tempat lahirnya PWI di bangunan bersejarah MPN," pungkas Anas. (rls)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id