Galang Dukungan, Maaruf Amin akan Jumpai Ahoker

Jokowi-KH-Maaruf-Amin.jpg
(Detik.com)

RIAUONLINE, JAKARTA - Dalam rangka memantapkan langkah menuju Pilpres 2019, Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin akan mendekati semua kalangan untuk meraup dukungan. Termasuk para pendukung mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau yang dikenal dengan Ahoker.

Ma'ruf bahkan sudah bertemu dengan perwakilan pengurus Relawan Nusantara. Organisasi ini merupakan barisan pendukung Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok pada Pilkada DKI lalu.

"Buat saya, sekarang saya harus bergaul dengan semua pihak untuk keutuhan bangsa," kata Ma'ruf Amin di kediamannya, Jalan Situbondo Nomor 12, Jakarta pada Senin, 24 September 2018.

Ma'ruf juga menyebut, dirinya juga merasa perlu melakukan pertemuan khusus dengan para pendukung Ahok.

Inisiator Relawan Nusantara, Nusron Wahid, adalah salah seorang yang memfasilitasi pertemuan tersebut. Menurut dia, ada beberapa hal yang diklarifikasi Ma'ruf dalam pertemuan itu.

"Salah satunya soal fatwa MUI melarang mengucapakan selamat Natal kepada non-muslim," ujar Nusron di lokasi yang sama.

Nusron menyebut, dalam pertemuan itu, Ma'ruf Amin mengatakan tidak pernah mengeluarkan fatwa tentang larangan mengucapkan selamat Natal kepada umat Nasrani. MUI telah mengeluarkan fatwa pada 1981 di masa Ketua Umum MUI Prof. Dr. Buya Hamka.


Fatwa MUI yang ditandatangani Ketua Komisi Fatwa KH. Syukri Ghazali dan Sekretaris H. Masudi. Isi fatwa ini menyatakan haram mengikuti perayaan dan kegiatan Natal.

Menurut Nusron, pada kepemimpinan Ma'ruf, ada dua pendapat ulama tentang hal tersebut. Pendapat pertama, ulama garis keras melarang mengucapakan selamat Natal. Sementara ulama moderat, memperbolehkan asal tidak mempengaruhi ketauhidan.

"Pak Kiai termasuk golongan ulama yang kedua, tapi beliau kan tidak bisa memaksakan pendapat," ujar Nusron.

Penjelasan-penjelasan Ma'ruf Amin tersebut, ujar Nusron, bisa diterima dengan baik oleh para Relawan Nusantara.

"Meskipun tidak ada komitmen, Relawan Nusantara ini bersedia mendukung Kiai Ma'ruf," kata Nusron.

Tulisan ini sudah tayang di Tempo.co dengan judul "Bertemu Ahoker, Ma'ruf Amin: Saya Harus Bergaul dengan Semua"

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id