Tak Hanya Kirab Satu Negri, Siak Juga Tolak Kedatangan Gus Yaqut

Gus-Yaqut.jpg
(NU Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Tak hanya acara Kirab Satu Negri saja yang ditolak pihak Kesultanan Siak. Ketua GP Anshor, Yaqut Cholil atau Gus Yaqult juga mendapat tentangan.

Penolakan ini saling berkaitan karena GP Anshor merupakan penggagas Kirab Satu Negeri. Sementara, Kesultanan Siak menolak acara Kirab Satu Negeri sebab merasa pihak panitia ingin mengajarkan kebangsaan kepada masyarakat Melayu.

"Jangan ajarkan kami kebangsaan dengan pemahaman kalian, sebab kami orang Melayu Riau dan keluarga kerabat Kesultanan Siak sudah lebih dahulu mempraktikkan kebangsaan dan nasionalisme yang benar dalam kehidupan kami sehari-hari sejak Republik Indonesia ini berdiri," tegas pihak kesultanan.

Kesultanan juga menolak kehadiran Ketua GP Anshor Yaqut Cholil di bumi Melayu. Alasannya, pria yang akrab disapa Gus Yaqut itu telah membiarkan persekusi terhadap ulama yang dilakukan oleh Banser sebagai organisasi kepanjangan dari GP Anshor.


"Kami juga tidak mengijinkan Ketua GP Anshor saudara Yaqut Cholil untuk menginjakkan kaki di bumi Melayu selagi tindakan persekusi terhadap dakwah ulama kami kalian lakukan lewat tekanan Ormas kalian di Jawa sana," tegas perwakilan Kesultanan Siak dalam rilis pers. 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id