Sukseskan Pemilu, Syamsuar: Tak Hanya Tanggung Jawab KPU, Tugas Kita

Gubernur-Riau-Terpilih-Syamsuar.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/HASBULLAH TANJUNG)


RIAU ONLINE, PEKANBARU - Bupati Siak, Syamsuar mengajak seluruh elemen untuk mensosialisasikan tahapan pemilu kepada masyarakat. Hal ini guna meningkatkan partisipasi pemilih pada hajat demokrasi Pilpres pada 17 April 2019 mendatang.

Salah satu indikator yang paling mendasar dari keberhasilan dan kualitas pelaksanaan penyelenggaraan pemilu yang demokratis adalah adanya keterlibatan masyarakat secara aktif dalam proses berjalannya tahapan-tahapan pemilu, khususnya dalam hal pengawasan atau pemantauan proses pemilu. Untuk itu dibutuhkan peran serta semua pihak dalam menyukseskan kontestasi Pilpres dan Pileg akan datang.

"Keberhasilan pesta demokrasi di tandai semakin meningkatnya angka pemilih, maka kita diangap telah berhasil mensosialisasikan pemilu kepada masyarakat," kata Syamsuar saat memimpin rapat sinkronisasi penyelengara pemerintah daerah Kabupaten Siak dan pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) Kabupaten Siak di aula pertemuan Kantor Bupati Siak Kamis, 13 September 2018.

Syamsuar menjelaskan tahun mendatang Indonesia dihadapkan lima pemilu mulai dari pemilihan presiden, pemilihan DPD, DPR, DPRD Provinsi, dan pemilihan DPRD Kabupaten. Namun, menurut Syamsuar, seluruh tahapan Pemilu tersebut tak hanya menjadi tanggung jawab Komisi Pemilihan Umum (KPU). Melainkan menjadi tugas semua pihak.

Baca Juga: Ditemukan 783 Daftar Pemilih Tetap Ganda di Pelalawan

"Kesemuanya ini, tidak hanya tanggung jawab KPU saja, namun tugas kita bersama untuk menyukseskannya," ujarnya.

Dirinya berharap tidak ditemukan daftar pemilih ganda di Kabupaten Siak. Untuk itu, kata dia, masalah daftar pemilih tetap (DPT) ganda perlu diatasi.

Dengan keterbatasan KPUD, Syamsuar mengimbau para camat dan pengulu agar segera mensosialisasikan tahapan pelaksanaan pemilu serta mengajak kepada semua masyarakat mengunakan hak pilihnya. Namun, yang paling penting adalah dalam menghadapi Pilpres ini khususnya kepada camat, penghulu beserta lurah adalah dapat menjaga suasana yang kondusif di tengah masyarakat, juga suasana yang menyejukan.


"Camat dan penghulu itu ujung tombak, mereka lah yang bersentuhan langsung dengan masyarakat saya mengharapkan di samping mensosialisasikan pemilu ini, para camat hendaknya menyampaikan, yang pertama masyarakat jangan terpancing oleh isu-isu yang tidak bertangung jawab yang dapat memecah belah, kemudian memperhatikan media sosial, jangan berita di mensos terlalu di percaya, yang dapat menimbulkan keresahan," ungkap Syamsuar.

Menurutnya, semakin bagus partisipasi pemilih maka sosialisasi pemilu dianggap berhasil. Sebab itu, diharapkan para camat, lurah dan penghulu untuk membantu mensosialisasikan tahapan pemilu ini. sekaligus juga mengajak masyarakat agar berpartisipasi datang ke TPS untuk mengunakan hak memilih

Klik Juga: Jumlah DPT Pemilu 2019 Di Pelalawan Melonjak Drastis

Sementara itu Ketua KPUD Kabupaten Siak Sariman menyebutkan DPT Kabupaten Siak untuk pelaksanan pemilihan presiden (Pilpres) dan pemilihan Legislatif (Pileg) yang akan dilaksanakan pada 17 April 2019 mendatang berjumlah 269.427 jiwa, terdiri dari laki-laki berjumlah 138.570 jiwa sedangkan perempuan berjumlah 130.857 jiwa. Sedangkan untuk TPS se Kabupaten Siak sebanyak 1.244.

Sariman melaporkan angka partisipasi pemilih dapat pada Pileg 2014 sebanyak 70,10%, Pilpres 2014 sebanyak 64,30%. Kemudian pada Pemilihan Bupati 2015 sebanyak 58,86% terjadi penurunan, namun pada Pemilihan Gubenur 2018 lalu terjadi peningkatan partisipasi jumlah pemilih sebanyak 61%. Sedangkan Caleg DPRD Kabupaten Siak yang akan mengikuti pemilu pada 2019 mendatang berjumlah 528 orang, mereka akan memperebutkan 40 kursi DPRD Siak terbagi di 4 daerah pemilihan (dapil).

Dari pertemuan yang berlangsung selama sehari penuh itu, membahas berbagai persoalan yang penting. Diantaranya permasalahan terkait daftar pemilih di perbatasan, pembebasan tanah wakaf, pembangunan MFO di kawasan Tanjung Buton dimana lahan milik pemkab Siak diklaim salah seorang warga, serta pelaksanana Tour de Siak tahun 2018.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id