Seekor Dugong Ditemukan Mati di Pantai Rupat

dugong.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Seekor ikan dugong (Dugong dugon) dewasa yang keberadaannya terus terancam ditemukan mati terapung di kawasan pantai Pulau Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau.

"Dugong seberat 120 kilogram tersebut ditemukan mati terapung oleh nelayan," kata Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Suharyono di Pekanbaru, Jumat 7 September 2018.

Ia mengatakan bangkai mamalia laut yang kondisinya telah memutih itu ditemukan nelayan di perairan Sungai Simpur, Desa Suka Damai pada Kamis 6 September 2018 kemarin.

Awalnya, kata Haryono, dugong berjenis kelamin betina dengan panjang 2,41 meter dan lebar 1,65 meter tersebut terlebih dahulu ditemukan nelayan di sekitar lokasi yang sama.

Namun, nelayan yang melihat satwa dilindungi itu memilih untuk menghanyutkan bangkai tersebut ke laut. Petugas Balai Pengelolaan Sumberdaya Perairan dan Laut (BSPL) Padang, Sumatera Barat yang pada waktu bersamaan berada di Rupat selanjutnya memperoleh informasi temuan Dugong itu.

Namun sangat disayangkan, dugong tersebut telah hanyut terbawa arus laut. Dengan dibantu petugas Dinas Perikanan Kabupaten Bengkalis, BSPL Padang dan nelayan serta WWF, proses pencarian dilakukan.


Hingga akhirnya, pada Kamis kemarin dugong berhasil ditemukan. Suharyono menuturkan jika saat ini dugong tersebut telah dikubur. Namun, ia menjelaskan jika petugas sempat mengidentifikasi dugong itu terlebih dahulu.

Lebih jauh, ia mengatakan bahwa kasus kematian dugong di Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis tersebut merupakan yang kedua kalinya terjadi. Terakhir kali kasus kematian dugong terjadi pada 2017 silam.

Saat itu, dugong ditemukan mati setelah terjerat jaring nelayan. Kasus itu sempat viral setelah kematian dugong yang terjerat jaring tersebut direkam video amatir hingga viral di media sosial. (**)

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id